Pertanian & Perikanan - Tips & Trik Membiasakan Anak Semoga Suka Makan Sayur - Sayuran


Bagi para orang tua, mengajarkan anak untuk menentukan kuliner yang sehat memang bukan hal yang mudah. Apalagi kini banyak kuliner yang tidak sehat, menyerupai jajanan yang mengandung materi pengawet, dll.

Pada umumnya bawah umur sering pilih-pilih makanan. Maka dari itu, hal ini dapat jadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Tentu hal semacam ini menjadi perhatian khusus bagi orang tua, alasannya yaitu kegemaran anak mengkonsumsi kuliner sangat kuat terhadap pertumbuhan mental dan fisik pada anak. Jika anak sudah terbiasa makan kuliner tidak sehat, maka akan kuat terhadap kesehatan dan pertumbuhan. Tidak hanya itu, kuliner tidak sehat juga akan mempengaruhi tingkat kecerdasan otak anak.

Berikut Tips & Trik Membiasakan Anak Agar Suka Makan Sayur - Sayuran :

1. Perkenalkan Manfaat Sayuran


Sebagai seorang anak, apalagi di usia yang masih sangat dini, anak belum dapat memahami dan mengerti apa itu pengertian, fungsi, dan manfaat kuliner sehat??? Orang bau tanah wajib untuk mulai mengenalkan banyak sekali macam, fungsi, dan manfaat kuliner sehat (sayuran) bagi badan dan otak anak. Untuk memperkenalkannya, beri pengetahuan, fungsi, dan manfaat buah dan sayuran dengan bahasa ringan yang dapat dicerna dengan mudah, dan gunakan kata-kata yang lembut yang disukai anak menyerupai layaknya mendongeng atau bercerita perihal sesuatu.

2. Berikan Contoh Pada Anak

Selain memperkenalkan pengertian, fungsi, dan manfaatnya, biar anak menjadi lebih suka sayuran, orang bau tanah harus memberi contoh. Orang bau tanah juga harus gemar mengkonsumsi sayuran menyerupai apa yang diceritakan pada anak. Dengan orang bau tanah juga gemar mengkonsumsi sayuran, anak akan merasa bahwa apa yang diajarkan orang tuanya memang benar, alasannya yaitu sudah dibuktikan.

* Baca Juga :  Jual Waring Sayur, Karung Jaring atau Karung Waring, Hub.0852.3392.5564

3. Selalu Sediakan Sayuran Dirumah

Tips selanjutnya, biar anak suka makan sayuran yaitu selalu sediakan sayuran di rumah. Percuma kalau orang bau tanah hanya mengenalkan perihal sayuran serta manfaatnya, sementara orang bau tanah jarang menyediakan sayuran menyerupai yang diceritakan. Bagaimana anak dapat terbiasa makan sayuran, kalau orang bau tanah jarang menyediakan sayuran di rumah.

4. Sajikan Sayuran Secara Kreatif

Misalnya dengan cara dan bentuk yang menarik. Seperti mencetak dengan bentuk yang lucu. Tentunya hal ini akan lebih merepotkan orangtua, tetapi kerepotan yang dilakukan tersebut akan sangat berharga kalau alhasil anak menjadi suka makan sayur-sayuran. Apalagi kalau kebiasaan tersebut ditanamkan semenjak kecil hingga sepanjang hidupnya.

5. Ajak Si Kecil Berbelanja Sayur 

Berikanlah kesempatan untuk si kecil mengenal sayuran secara langsung. Kemudian, biarkan si kecil mencoba dan menentukan sayuran apa yang beliau inginkan untuk dibeli.

6. Hindarkan Dari Makanan Instan

Orang bau tanah juga harus mengontrol persediaan kuliner yang ada di rumah. Sebaiknya, hindarkan anak dari makan kuliner yang tidak sehat dan kuliner instan, dengan tidak menyediakannya di rumah. Ganti dengan stok sayuran yang beraneka ragam biar tidak membosankan.


7. Biasakan Memberi Sayur Pada Anak Sedini Mungkin

Cara paling efektif biar anak mau makan sayur yaitu dengan membiasakan anak makan sayur semenjak dini tanpa kalimat paksaan. Dengan begitu anak akan terbiasa dengan sendirinya semenjak dini untuk makan sayur dan buah. Jangan memberi makan sayur pada jam-jam khusus. Buatlah sayur menjadi salah satu dari hidangan makanannya.

*Baca Juga : 7 Langkah Yang Membikin Sukses Bertanam Sayur Organik

8. Berikan hadiah

Berikan reward atau hadiah kalau anak bersedia mengurangi kebiasaan jajan dan makan kuliner instan, serta mau beralih pada makan kuliner yang lebih sehat menyerupai sayuran. Dengan sedikit hadiah, akan memicu anak untuk selalu membiasakan diri untuk makan kuliner sehat. Anak juga akan merasa bangga, alasannya yaitu dapat menaklukkan tantangan dari orang bau tanah untuk makan sayuran.



Bagi para orang bau tanah yang anaknya susah makan sayur, maka biasakan anak anda makan sayur-sayuran, anda dapat mencoba tips & trik diatas..
Demikian pembahasan perihal Tips & Trik Membiasakan Anak Agar Suka Makan Sayur. Selamat mencoba..

Komentar