Pertanian & Perikanan - Cara Sempurna & Gampang Budidaya Ikan Bawal

Langkah-langkah Cara Budidaya Ikan Bawal:

Persiapan Kolam ikan Bawal
Buat bak ikan dengan ukuran tergantung kebutuhan serta lokasi yang tersedia. Umumnya ukuran dipakai yaitu 5 x 10 meter dengan kedalaman 1,2 - 2  meter, kemudian buat pematang dengan tanah maupun tembok semen. Kemudian keringkan bak hingga tanah dasar bak benar-benar kering. Pengeringan bak mempunyai fungsi untuk membersihkan bak dari hama ikan bawal serta memungkinkan adanya pertukaran udara dalam kolam.

Setelah dasar bak ikan bawal telah kering sempurna, dasar bak perlu dikapur dengan kapur dolomit dengan takaran 25 kg/100 meter persegi. pengapuran bertujuan untuk meningkatkan pH tanah, serta untuk membunuh hama maupun patogen yang masih kebal terhadap proses pengeringan.

*Baca Juga : Panduan Lengkap Budidaya Ikan Mas di Kolam Agar Hasil Melimpah

Selanjutnya bak diisi air setinggi 2-3 cm kemudian biarkan selama 2-3 hari, kemudian air bak ditambah bertahap hingga kedalaman awal 40-60 cm serta terus diisi hingga ketinggian 80-120 cm tergantung kepadatan ikan, pastikan air bak tadi kondusif dari kontaminasi limbah/sampah. Setelah bak terisi air, benih ikan bawal sudah siap ditebar.

Pemilihan serta penebaran benih ikan bawal
Pilihlah benih ikan bawal yang sehat, berasal dari indukkan yang unggul serta tahan hama penyakit. Sebelum benih ditebar perlu diadaptasikan, dengan tujuan semoga benih ikan tidak dalam kondisi stres ketika berada dalam kolam.

Cara pengadaptasian benih ikan bawal yaitu merendam plastik yang masih tertutup rapat yang berisi ikan kedalam bak budidaya. Lalu biarkan plastik tadi hingga mengembun. Kemudian buka plastik tadi kemudian masukkan air bak bertahap kedalam plastik daerah benih hingga benih terlihat dalam kondisi baik serta tidak stress. Selanjutnya benih ditebar dalam bak ikan secara perlahan-lahan.

Pakan Ikan Bawal
Pakan yang berkualitas akan kuat pada perkembangan ikan bawal. Maka, hanya dengan pakan yang baik ikan sanggup tumbuh serta berkembang dengan optimal. Kualitas pakan yang baik yaitu pakan yang mempunyai gizi yang seimbang baik protein, karbohidrat, lemak, vitamin serta mineral.

Pakan yang diberikan harus 3-5 % dari berat tubuh ikan. Pemberian pakan sanggup ditebar secara pribadi pada bak ikan. Jumlah masakan selalu berubah setiap bulan, sehingga harus disesuaikan dengan kenaikan berat badan. Pakan yang diberikan adalah pelet serta sanggup ditambahkan masakan alami lainnya menyerupai dedaunan dan lain sebagainya.

Perawatan Ikan Bawal
Pastikan pakan ikan bawal selalu tersedia. Pantau ikan bawal setiap harinya dari serangan hama serta penyakit. Bersihkan bak ikan secara teratur dari kotoran atau sisa pakan yang tidak habis. Pantau terus kondisi air dalam kolam. Beri vitamin untuk ikan bawal minimal seminggu sekali.

*Baca Juga : Cara Tepat & Praktis Budidaya Ikan Baung

Hama & Penyakit Ikan Bawal
Hama yang ikan bawal sering menyerang diataranya yaitu Bebeasan ( Nototecta ), Ucrit ( Uceng ), kumbang air, lernea serta juga ikan predator. Sedangkan penyakit yang sering menyerang ikan diantaranya yaitu penyakit Jamur, bintik putih, Trichodiniasis serta Bakteri

Pengendalian hama serta penyakit yaitu dengan membersihkan bak secara rutin, mengganti air bak secara terencana serta menjaga selalu kualitas air dalam kolam. Jika ikan terjangkit penyakit, segera ambil ikan semoga tidak menular kemudian segera lakukan pengobatan sesuai penyakit ikan.


Panen Ikan Bawal
Panen budidaya ikan bawal sanggup dilakukan sesudah ikan bawal yang dipelihara telah berumur sekitar 4-6 bulan. Setelah 4-6 bulan, ikan bawal telah mencapai ukuran kurang lebih 500 gram/ekor, dengan kepadatan 4 ekor/m2. Lakukan pemanenan ikan bawal secara hati-hati semoga tidak melukai tubuh ikan bawal serta semoga tidak menciptakan ikan bawal stress. Ikan hasil pemanenan sebaiknya ditaruh dalam daerah penampungan yang luas (tidak sempit) serta keadaan airnya selalu mengalir. Ikan kemudian sanggup di distribusikan ke pasar.

Kami CV Lim Corporation menyediakan plastik Waring ikan berkualitas & tahan lama. Untuk informasi harga Waring Ikan terupdate kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya silahkan hubungi : 0852.3392.5564 – 08123.258.4950 – 0877.0282.1277 (SMS/Call/WA)

Selamat Mencoba & Selamat Menunaikan Ibadah Puasa....

Komentar