Pertanian & Perikanan - Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung

Budidaya keramba jaring apung ialah langkah budidaya yang sanggup dikerjakan di laut, sungai maupun di danau. Dengan kondisi air yang cukup tinggi dengan kwalitas ait yang cukup ideal untuk lakukan budidaya, keramba jadi pilihan yang anggun untuk lakukan budidaya.

Kerangka serta pelampung berperan untuk menahan jaring supaya tetaplah terbuka di permukaan air, tengah jaring yang tertutup dibagian bawahnya digunakan untuk pelihara ikan sepanjang sebagian bln..


  • Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung 
Budidaya ikan keramba jaring apung sanggup di kerjakan baik di sungai yang dalam, danau, diatas kolam terpal, hingga laut.

Budidaya ikan keramba jaring apung ialah satu diantara langkah budidaya pembesaran ikan nila yang efektif serta efisien, jenis system budidaya ini sudah sanggup dibuktikan lebih efektif, baik efektif dengan cara tehnis maupun ekonomis.

Dengan luasan media yang sempit, kita sanggup melipat gandakan hasil panen ikan tanpa ada mesti memberi cost yang besar. Pola yang di gunakan yaitu mengintensifkan tumpuan budidaya ikan itu, memanglah ahirnya bakal beresiko pada cost tinggi tetapi sanggup diperoleh laba yang lebih tinggi juga.

  • Peralatan Budidaya Kerambang Jaring Apung 
Media untuk pembesaran dalam Budidaya ikan keramba jaring apung (KJA) biasanya mempunyai ukuran 4x4x3 m3, spesifikasi tehnis keramba jaring apung ukuran 4x4x3 m3 yaitu ibarat berikut :
  1. Pelampung : Terbuat berbahan styrofoam atau drum, berupa silindris, jumlah pelampung minimum 8 buah/jaring. 
  2. Tali jangkar : Terbuat berbahan polyetiline (PE), panjang 1, 5 kali kedalaman perairan, jumlah sejumlah 5 utas/jaring, diameter 0. 75 inci. 
  3. Jangkar : Terbuat berbahan besi atau blok beton atau batu, berupa sisi empat, berat minimum 40 kg/buah, jumlah sejumlah 5 buah/jaring ; 
  4. Jaring : Jaring terbuat berbahan polyetiline (PE 210 D/12), ukuran mata jaring 1 inci, warna hijau, ukuran jaring sejumlah 122, 5 m (7x7x2, 5 m3). 
Luas peruntukan areal pemasangan keramba jaring apung optimal 10% dari luas potensi perairan atau 1% dari luas perairan ketika surut paling rendah. Diluar itu harus mempunyai pembersih jaring, pengukur kualitas air (termometer, sechsi disk, kertas lakmus), peralatan lapangan (timbangan, hapa, waring, ember, alat panen, dan lain-lain), serta sampan.

  • Penebaran Benih Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung 
  1. Sebagai perjuangan sterilisasi, sebelumnya benih ditebar, benih baiknya di rendam dulu dalam larutan Kalium Pemanganat konsentrasi 4 – 5 ppm sepanjang lebih kurang 15 – 30 menit. 
  2. Penebaran benih baiknya dikerjakan ketika pagi hari biar ikan tak alami stres atau ajal jawaban ketidaksamaan suhu itu. Benih yang ditebar mempunyai ukuran 5 – 8 cm, berat 30 – 50 gr serta padat tebar 50 – 70 ekor/m3. Pakan yang didapatkan untuk pembesaran ikan nila yaitu lambit. 

  • Pemeliharaan Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung 
Lama pemeliharaan Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung meraih 4 bln. (untuk ikan Nila) dengan tingkat keberlangsungan hidup atau Survival Rate sejumlah 80%. Pakan yang didapatkan berbentuk pelet apung dengan takaran 3 – 4% dari bobot keseluruhan ikan. Frekwensi pemberiannya, 3 kali satu hari ketika pagi, siang serta sore dengan rasio konversi pakan (FCR) 1, 3.

Untuk Info Update Harga Waring Ikan Klik Disini
  • Pemeliharaan Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung 
  1. Lama pemeliharaan Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung meraih 4 bln. (untuk ikan Nila) dengan tingkat keberlangsungan hidup sejumlah 80%. Pakan yang didapatkan berbentuk pelet apung dengan takaran 3 – 4% dari bobot keseluruhan ikan. Frekwensi pemberiannya, 3 kali sehari ketika pagi, siang serta sore dengan rasio konversi pakan (FCR) 1, 3. 
  2. Pengangkutan menggunakan air yang bersuhu rendah sekitaran 20 °
  3. Saat pengangkutan sebaiknya ketika pagi hari atau sore hari.
  4. Jumlah kepadatan ikan dalam alat pengangkutan tidaklah terlalu padat. 
Kami Lim Corporation menyediakan waring ikan benang single maupun double. Siap kirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Untuk informasi pemesanan sanggup pribadi Hub 087702821277 | 085233925564 | 081232584950. limcorporation2009@gmail.com
 
 

Komentar