Pertanian & Perikanan - Panduan Sukses Budidaya Ikan Dengan Kolam Jaring Apung

Jual Waring Ikan Jaring Kolam Ikan - Lim Corporation

Ikan lele yakni satu diantara ikan yang sanggup hidup dalam kepadatan tinggi. Ikan berikut ini mempunyai tingkat konversi pakan jadi bobot tubuh yang baik. Dengan abjad ibarat ini, budidaya ikan lele akan sangat menghasilkan bila dikerjakan dengan cara intensif.

Ada dua proses perjuangan budidaya ikan lele, yaitu tahap pembenihan serta tahap pembesaran. Tahap pembenihan ditujukan untuk membuahkan benih ikan lele, sedang tahap pembesaran mempunyai tujuan untuk membuahkan ikan lele siap konsumsi.

Inilah satu cara Membudidayakan Ikan di KJA (Kolam Jaring Apung), yakni :

1. Langkah pembuatan kolam

Kerangka KJA simpel ini terbuat dari balok kayu serta bambu. Tidak sama dengan KJA biasanya yang memakai drum/jerigen sebagai pelampungnya. KJA simpel ini memakai balok kayu sebagai materi tiangnya, sedangkan bambu besar sebagai pelampung serta bambu tengah sebagai pegangan bibir keramba sisi atas.

Perakitan kerangka keramba dikerjakan didalam kolam sampai bentuk dan daya apungnya segera tampak waktu perakitan. Pengikatan kayu serta bambu itu dikerjakan lewat cara dipaku serta dibantu dengan tali-temali supaya lebih kuat. Sesudah kerangka KJA tuntas, kita tinggal menempatkan jaring keramba yang terlebih dulu telah disediakan. Jaring keramba yang telah siap dipakai sanggup dibeli di pedagang jaring/waring yang benar-benar melaksanakan pembuatan keramba jaring.

Yang perlu di perhatikan setelah sistem ini yaitu perendaman jaring. KJA yang telah jadi jangan terlebih dahulu ditebari bibit, karena lisan lele sanggup terluka jawaban kesukaannya yang bahagia mengisap pinggir kolam untuk mencari makan. Dalam soal ini jaring yang gres masihlah berbentuk tajam, maka dari itu mesti di rendam sekurang-kurangnya 1 bulan supaya dinding jaring terlapisi oleh lumut.

*Ingin Dapat Info Pertanian & Perkebunan Terkini? Kunjungi DISINI

2. Langkah Budidaya Pembesaran

Tiba waktunya penebaran bibit. Bibit yang gres tiba baiknya dikerjakan pengadaptasian dengan suhu air kolam yang sanggup ditempati lewat cara mengapung-apungkan bibit yang masihlah ada didalam kantong oksigen. Sistem ini mempunyai tujuan supaya bibit tidak "kaget" waktu dimasukkan ke kolam yang kemungkinan mempunyai ketidaksamaan kualitas dari kolam asal, baik suhu, PH ataupun DO nya.

Pemberian pakan pertama baiknya dikerjakan sehabis minimum 12 jam pasca tebar bibit, dengan kata lain sehabis bibit itu menyesuaikan dengan daerah tinggal barunya. Pakan yang didapatkan baiknya pelet Istimewa lele yang berkualitas tinggi, khususnya pada awal-awal dikala budidaya. Jika ingin memberi pakan embel-embel atau alternatif, upayakan sehabis lele berusia kian lebih 1 bulan. Hal semacam ini karena lele yang masihlah kecil begitu riskan serta metabolismenya belum stabil.

Pertimbangan lain yaitu karena pakan alternatif condong turunkan kualitas air kolam, maka lele belum besar lengan berkuasa jadi sanggup berlangsung maut masal. Pemberian pakan dikerjakan 2 kal/hari, yakni pagi jam 6-7, serta sore jam 4-5. Untuk mempercepat perkembangan, santunan pakan sanggup dikerjakan 3 kali/hari yakni ditambah malam hari jam 22.00-23.00.

Upayakan jumlah santunan pakan malam hari semakin banyak dari jumlah pagi serta sore karena perkembangan lele lebih cepat ketika malam hari di banding siang hari. Pemberian pakan pelet sanggup digabung dengan probiotik type lacto yang banyak di market. Hal semacam ini mempunyai tujuan untuk mempercepat serta melaksanakan perbaikan absorpsi nutrisi pakan yang dikonsumsi sampai beberapa besar nutrisi pelet yang didapatkan diserap sebagai perkembangan lele.

Langkah meraciknya yaitu dengan mencampurkan probiotik dengan air sesuai ukuran kemudian disemprotkan atau dipercikkan ke pelet yang telah disediakan, kemudian diaduk serta ditirisan sampai pelet itu lembab juga tidak menggumpal. Saat santunan pakan seharusnya sempurna waktu. Di sini titik kegagalan budidaya pembesaran lele, karena umumnya pembudidaya mengerjakannya tanpa ada sadar. Pemberian pakan yang molor dari waktunya bakal mengakibatkan abjad kanibalisme lele.

Lele yang besar serta besar lengan berkuasa bakal memangsa yang kecil atau lemah sampai tidak kita sadari populasi kolam usang kelamaan terjadi penyusutan serta beresiko pada rendahnya hasil panen. Di sini sanggup kelihatan terdapat banyak lele yang pertumbuhannya " bongsor " dari sebagian besar populasi. Pada langkah ini, si " bongsor " mesti selekasnya disingkirkan dari kolam untuk meminimalkan kanibalisme.

Penyortiran ke-dua sanggup dikerjakan 2 ahad sehabis sortir pertama atau apabila tampak ketidakseragaman populasi kolam. Hal semacam ini sanggup dilihat ketika santunan pakan. Yang perlu di perhatikan benar-benar yaitu jangan pernah meremehkan sortir pertama serta segera lakukan sortir ke-2, karena kita sanggup melihat nyaris 1/2 populasi hilang serta kita akan menjumpai sebagian ekor lele " raksasa " dalam populasi.

Dialah monster penyebabnya hilangnya 1/2 populasi kolam. Sistem sortir dalam budidaya pembesaran lele dengan KJA begitu gampang, yakni dengan menggulung jaring dengan batang bambu ke satu diantara segi KJA. Lele sanggup terkumpul serta sistem sortir sanggup selekasnya dikerjakan dengan kolam sortir maupun manual.

3. Tahap Panen

Dengan KJA sistem panen jadi lebih simpel serta cepat alasannya yakni tidak lagi kuras air kolam, cukup hanya menggulung jaring ibarat pada sistem sortir. Bedanya bila sistem sortir, lele yang di ambil dikerjakan pemilahan. Sedang ketika panen, lele yang di ambil segera ditimbang serta diantar ke pengepul atau agen.

4. Mengenal penyakit lele

Dalam budidaya pembesaran lele terdapat banyak jenis penyakit yang perlu diwaspadai, diataranya yaitu kuning, kembung, lele berputar-putar, lele menggantung bangkit dan lain-lain. Tersebut akan kami kupas sebagian.

A. Kuning
Penyebabnya kurang yakin, ada yang mempunyai pendapat karena rusaknya hati, stress, dan lain-lain. Gejalanya begitu jelas yakni tubuh lele kuning serta gerakannya lambat. Apabila didiamkan saja makin usang makin lemah kemudian mati karena dimangsa oleh beberapa rekannya. Diluar itu sanggup juga menulari lele lain yang ada dalam kolam itu. Langkah yang perlu di ambil apabila berlangsung lele kuning yaitu dengan selekasnya mengambilnya serta mengkarantina di kolam lain yg kwalitas airnya bagus, 3-5 hari kemudian " si kuning " bakal normal kembali serta sehat. Ada pendapat lain yakni dengan mencelupkannya kedalam kobokan lumpur sepanjang hari, dan lele kuning sanggup sembuh dari sakitnya.

B. Lele Kembung
Sebagian pendapat menyebutkan jika lele kembung alasannya yakni terjadi stress yang dikarenakan pergantian suhu air yang mencolok dan naiknya amoniak dari basic kolam. Lele kembung yakni penyakit yang sanggup mengakibatkan maut masal dalam budidaya lele. Dari pengalaman kami, therapy yang sanggup diberikan apabila berlangsung lele kembung yaitu dengan memberi obat yang digabung dalam pakan. Hal semacam ini berlaku untuk lele yang agak besar. Bila lele masihlah bibit, jadi tambah baik obat tersebut di taburkan ke air kolam yang sudah bersih. Terdapat banyak obat yang sanggup dipakai dalam problem ini, contohnya : Supertetra, Inrofloxs dari boster, serta ada banyak lagi di market.

C. Lele Menggantung Berdiri di Permukaaan Kolam
Hal semacam ini dikarenakan turunnya kualitas air kolam. Kondisi ini sanggup dikarenakan penimbunan kotoran serta bekas pakan atau sanggup air baku yang kurang baik (misalnya kandungan logamnya sangat tinggi) sampai kualitas cuma bertahan sekian hari saja. Umumnya kondisi ini telah sanggup terselesaikan cuma dengan melaksanakan pergantian air dengan cara keseluruhan.

Jual Waring Ikan Jaring kolam Ikan
Jika anda membutuhkan dan memerlukan Waring Ikan untuk Jaring Kolam atau untuk lainnya dengan harga yang terjangkau silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja.(Minggu dan Hari Besar Kami Tutup).

Customer Service 
Telp         : 031 - 8830487
Mobile     : 0852 3392 5564 | 0877 0282 1277 | 0812 3258 4950
Email        : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 Admin 2 | Admin 3

Catatan : 
– Minimal order 10 roll
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah Setiap waktu

Komentar