Pertanian & Perikanan - Langkah Budidaya Bawang Putih



  • Prasyarat Tumbuh 
Permasalahan budi daya bawang putih dataran rendah yaitu jikalau tak terpenuhinya cuaca yang sejuk dan kering ketika pembentukan umbi. Untuk mengakalinya, bawang putih ditanam pada bln. mei, Juni, atau Juli.
Tanah yang disukai bawang putih pH-nya 6, 5-7, 5. Oleh alasannya yakni itu, untuk tanah yang asam harus diberi kapur dahulu sampai mendekati netral.
  • Bibit 
Bibit bawang putih yang baik paling utama untuk peroleh perubahan lega dan hasil yang tinggi. Sebaiknya bibit bawang putih penuhi syarat-syarat itu.
  1. Segi pangkal batang padat (di isi penuh dan keras). 
  2. Siung berpenampilan licin dan tegar, tidak kisut. 
  3. Tunas terlihat fresh jikalau siung dipatahkan. 
  4. Berat siung sekitaran 1, 5-3 g, bentuk normal. 
  5. Bebas hama-penyakit. 
Jika bibit yang digunakan beratnya 3 g/siung jadi kepentingan per hektarnya yakni 1. 600 kg. Tengah untuk ukuran siung yang kecil (sekitaran 1 g) menggunakan 670 kg/ha.

Walaupun yang ditanam sebagai bibit yakni siung, tetapi apabila beli bibit sebaiknya berupa umbi. Hal sejenis itu alasannya yakni bawang putih berupa umbi lebih tahan usang daripada bentuk siung. Umbi sanggup dipecah jadi siung sedikitnya 1-2 hari terlebih dulu tanam.



  • Penanaman 
Sawah yang sudah ditanami padi yakni kawasan yang cocok untuk bawang putih dataran rendah.

Terlebih dulu penanaman, kawasan diolah lebih dahulu. Tanah yang asam dinetralkan sebulan terlebih dulu tanam. Jika pH kurang dari 6, takaran kapurnya sekitaran 1-2 ton/ha.

Bila bekas panen pada sawah masih tetap ada jadi perlu dibersihkan. Lantas buat bedeng-bedengan yang lebarnya 80-120 cm dan tingginnya 40 cm.

Bila kawasan yang bakal ditanami tidaklah bekas sawah, tanah harus dibajak atau dicangkul sampai benar-benar gembur. Jika tak gembur, sanggup mengakibatkan fatal pada produksi.

Setelah tanah gembur, dilanjutkan dengan ukuran siung benih yang dipakai. Siung besar membutuhkan jarak tanam renggang sekitaran 15 x 10 cm. Untuk pembibitan digunakan jarak tanam 10 x 10 cm. Posisi siung ketika ditanam tegak. Kedalamannya 5-7 cm dari permukaan tanah.
  • Pemupukan 
Tempat seluas satu hektar membutuhkan pupuk sangkar beberapa 10-20 ton.

Menambahkan pupuk kimia menyerupai Urea, TSP, dan ZK 200 kg per hektar. Pemberian ditangani lewat cara bertahap, yakni ketika tanaman berumur 15, 30, dan 40 hari.

  • Panen 
Jika ditanam sekitaran Mei-Juli jadi bln. Agustus-Oktober sudah sanggup dipanen. Panen ditangani ketika tanaman berumur 90-120 hari dari ketika tanam.

Untuk Info Harga Waring Sayur Klik Disini

Sinyal tanda bawang putih siap panen terlihat pada daunnya yang menguning atau kering serta tangkai batang yang mengeras. Jika sinyal tanda ini terlihat sudah 50% dari keseluruhnya tanaman jadi panen sanggup ditangani.

Baca Juga:Tips Budidaya Wortel

Lim Corporation menyediakan waring sayur untuk pengepakan sayuran pasca panen. Siap kirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Untuk info pemesanan sanggup pribadi Hub 087702821277 | 085233925564 | 081232584950. limcorporation2009@gmail.com

Komentar