Pertanian & Perikanan - Tips Budidaya Wortel



Wortel yaitu flora sayuran yang di ambil umbinya. Umbi wortel berwarna oranye jelas, rasa-rasanya gurih, renyah serta sedikit manis.
  • Persiapan daerah budidaya wortel
Tempat untuk budidaya wortel mesti dibajak atau dicangkul sedalam lebih kurang 40 cm. Kedalaman ini begitu utama mengingat flora wortel bakal dipanen umbinya. Tanah yang gembur memberi keleluasaan pada umbi untuk tumbuh dengan prima.

Sesudah tanah digemburkan buat bedengan dengan lebar 1meter serta panjang sesuai dengan bentuk tempat. Ketinggian bedengan sekitaran 20-30 cm. Waktu menciptakan bedengan, campur pupuk kompos atau pupuk sangkar sebagai pupuk basic.

Buat larikan pada permukaan bedengan untuk menaburkan benih. Jarak antar larikan 20 cm dengan kedalaman sekitaran 5 cm.
  • Penanaman benih wortel
Penanaman benih dalam budidaya wortel sanggup dikerjakan dengan cara segera, tanpa ada step penyemaian terlebih dulu. Keperluan benih untuk budidaya wortel lebih kurang sejumlah 3-5 kg per hektar.

Benih wortel tiba dari biji, mempunyai bentuk kecil-kecil serta condong menempel karena mempunyai serabut ibarat bulu pada permukaannya. Jadi, sebelumnya ditaburkan gosok-gosokkan terlebih dulu dengan telapak tangan biar benih tak sama-sama melekat.

Taburkan benih di atas larikan kemudian tutup dengan tanah. Jika tanahnya kering siram sedikit untuk melindungi kelembabannya. Tanaman wortel bakal tumbuh setelah 10 hari.


  • Pemeliharaan flora wortel
Pemupukan susulan diberikan setelah flora berusia sebulan. Untuk budidaya wortel dengan cara organik, pakai kompos atau pupuk kandang.

Untuk budidaya wortel non organik, pakai kombinasi pupuk urea serta KCl dengan perbandingan 2 : 1 sejumlah 300 kg per hektar.

Terkecuali pemupukan kerjakan juga penyiangan gulma serta penjarangan tanaman. Supaya perkembangan umbinya prima, atur penjarangan flora sampai jarak pada satu flora dengan yang lain sekitar 5-10 cm.

  • Hama serta penyakit
Hama yang paling umum didapati dalam budidaya wortel yaitu ulat tanah serta kutu daun. Ulat tanah sanggup diberantas lewat cara mencari sarangnya, kemudian di ambil manual serta dibasmi. Kerjakan dikala pagi hari.

Untuk menghindar serangan ulat, jagalah senantiasa kebersihan daerah serta siangi gulma dengan teratur.

Kutu daun menyerang pucuk daun dengan mengisap cairan serta menjadikan kerusakan bentuk daun jadi keriting.

Sedang penyakit yang kerap menyerang budidaya wortel yaitu bercak daun serta bintil akar.
Penyakit bercak daun sanggup dikendalikan dengan pilih benih yang sehat atau benih di beri larutan fungisida terlebih dulu.
Penyakit bintil akar dikarenakan oleh nematoda. Gejalanya bentuk umbi benjol-benjol tidak karuan.

Untuk Info Uodate Harga Waring Sayur Cek Disini
  • Langkah panen budidaya wortel
Usaha tani budidaya wortel telah sanggup di ambil alhasil setelah 3 bln. kalkulasi mulai semenjak benih ditanam. Saat pemanenan mesti betul-betul di perhatikan. Jika usia flora sangat bau tanah struktur umbi jadi keras serta rasa-rasanya tak enak.

Baca Juga:Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung
 
Kami Lim Corporation menyediakan waring ikan benang single maupun double. Siap kirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Untuk gosip pemesanan sanggup pribadi Hub 087702821277 | 085233925564 | 081232584950. limcorporation2009@gmail.com

Komentar