Pertanian & Perikanan - Cara Budidaya Bengkoang Organik


Bengkoang yaitu flora yang menjalar. Tanaman ini sanggup mempunyai panjang hingga 5-6 mtr. dengan kebiasaan menjalar dan membelit.
  • Penyiapan benih bengkoang
Benih bengkoang sanggup diperoleh dengan dua langkah, pertama menyeleksi dari tumbuhan yang ada. Caranya pilih sebagian tumbuhan yang tampak sehat, kemudian biarkan tumbuhan itu tumbuh berbunga hingga mengeluarkan polong.

Polong yang tumbuh hingga tua, kemudian polong siap dipanen sebagai benih. Apabila benih akan disimpan, sebaiknya jangan di buka kulit polongnya.

Langkah yang ke-2 yaitu dengan menyeleksi benih dari hasil panen. Pilih beberapa umbi yang kualitasnya bagus, Lalu simpan umbi itu di daerah yang mempunyai kelembapan cukup. Biarkan tumbuh tunas pada umbi itu. Tunas yang terbaik yaitu yang paling akrab dengan sentra umbi.

 Bengkoang yaitu flora yang menjalar Pertanian & Perikanan -  Cara Budidaya Bengkoang Organik

  • Pengolahan tanah dan penanaman
Pertama-tama tanah dibajak untuk menggemburkan tanah. Lalu buat bedengan biar drainase tanah berjalan baik. Lebar bedengan 1 mtr. dengan tinggi 20-25 cm, panjang bedengan diadaptasi dengan lahan. Atur jarak antar bedengan sebesar 40-50 cm.

campur kompos. Dosis pupuk dasar kurang lebih 20 ton per hektar. Lalu aduk hingga rata. Kemudian buat lubang tanam dengan cara ditugal sedalam 5-7 cm. Dalam satu bedeng buat dua baris lubang dengan jarak dalam baris 25 cm dan jarak antar baris 30 cm.

Sebelum benih ditanam sebaiknya rendam dulu benih selama 6-12 jam, kemudian tiriskan dan biarkan selama sehari.
  • Perawatan budidaya bengkoang
Bengkoang termasuk juga tumbuhan yang tahan kekeringan. Tetapi kalau terjadi kekeringan ekstrim, lakukan penyiraman seperlunya. Perlu diingat penyiraman jangan dilakukan setengah basah, hal semacam ini akan menciptakan tumbuhan mati dan layu.

 Info Update Harga Waring Sayur Cek Disini

Ketika tumbuhan berusia 2 ahad biasanya batangnya telah tumbuh dan mulai menjalar, pada umur  ini sanggup dilakukan penyiangan tergantung kondisi dilahan.

Pada umur 3 ahad lakukan pemupukan embel-embel dengan kompos kering

Pada umur 1 bln. mulai lakukan proses pengguntingan pucuk daun pada semua tumbuhan yang ada.

Pengguntingan dilakukan kalau minimal 80% bunga sudah mekar, alasannya apabila pengguntingan dilakukan dikala bunga belum mekar maka umbi bengkoang yang terbentuk tidak akan bundar membesar

Baca Juga: 6 Tips Lengkap Teknik Menanam Sawi Hidroponik Berkualitas

Lim Corporation menyediakan waring sayur untuk pengepakan sayuran pasca panen. Siap kirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Untuk isu pemesanan sanggup eksklusif Hub 087702821277 | 085233925564 | 081232584950. 

Komentar