Pertanian & Perikanan - Tips Memelihara Ikan Koi Dan Merawatnya Biar Sehat Serta Cemerlang Warnanya


  Apakah penggemar ikan hias harus mempunyai banyak sekali jenis ikan hias untuk menjadi pujian dan kepuasan tersendiri? Sekarang coba tengok di akuarium atau kolam ikan hias anda, sudah adakah ikan mas koi? Tentunya dari banyak sekali jenis ikan hias tak lengkap rasanya bila belum mempunyai ikan koi. Ikan hias yang satu ini memang sangat indah, dan keindahan ikan koi terletak pada warnanya, akan tetapi kesempurnaan dalam keindahan ikan koi bila kita lihat dari atas. Sah-sah saja bila ikan koi dipelihara di akuarium, toh warnanya tetap terlihat cerah dan bagus. Akan tetapi keistimewaan pada warna ikan koi bukan dilihat dari samping, melainkan pada punggungnya. Seperti contohnya ikan koi kohaku, ikan ini akan benar-benar istimewa bila kiwa ( batas tepi warna ) jelas, nah warna putih ikan koi kohaku dan warna merahnya serta kiwa akan nampak terperinci bila dilihat dari atas. Begitu pula dengan jenis ikan koi yang lainya, semuanya akan nampak tepat baik badan dan warnanya bila dinikmati dari atas. Maka dari itu dalam cara memelihara ikan koi yang paling tepat ialah di kolam bukan di akuarium.

*Baca Juga Cara Menanam Kubis Atau Budidaya Kol

Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Koi

Setelah anda tetapkan untuk menambah koleksi ikan hias anda dengan ikan koi, tentunya menginginkan ikan koi selalu sehat, berenang di kolam dan tentunya sanggup menemani anda dengan keindahanya di sela - sela kesibukan anda. Untuk menciptakan ikan koi sehat diharapkan perawatan yang baik, perawatan yang baik terhadap ikan mas koi juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas warnanya. Di samping itu memelihara dan merawat ikan koi dengan penuh kasih sayang akan meminimalisir janjkematian pada ikan koi.

Beberapa Tips Cara Memelihara Dan Merawat Ikan Koi

 1. Membuat Kolam Ikan Koi Yang Nyaman Dan Indah

    Yang perlu anda perhatikan dalam menciptakan kolam ikan koi ialah kedalaman kolam, banyak yang beranggapan keindahan ikan koi akan terlihat tepat bila koi terlihat dengan jelas, makanya banyak juga yang mendesain kolam ikan koi dengan kedalaman yang agak dangkal. Sebenarnya boleh saja memebuat kolam ikan koi dangkal, akan tetapi ibarat yang kita ketahui sebenarnya ikan koi sanggup tumbuh dengan ukuran yang besar, atau ukuran jumbo. Nah bila koi ditempatkan pada kolam yang dangkal seiring dengan pertumbuhan koi, maka bentuk badan koi akan menjadi kurang anggun atau bongkok. Bukan hanya badan koi, bila tetap memelihara ikan koi di kolam yang dangkal, warna koi pun jadinya akan pucat lantaran terkena sinar matahari. Selain kedalaman kolam, juga harus diperhatikan pula jumlah koi yang akan dipelihara di kolam dengan kelebaran kolam haruslah tepat. Filter yang baik juga sangat besar lengan berkuasa bagi kesehatan koi, maka pertimbangkan pula ketika membeli dan memasang filter kolam koi. Yang terpenting dalam cara menciptakan kolam ikan koi, kolam harus dibentuk senyaman mungkin supaya koi sehat, tak perlu lebar-lebar yang peting sesuai dengan lahan anda. Biarpun kolam ikan koi sederhana dan minimalis, dalam cara memelihara ikan koi dan merawatnya asalkan kolam indah, nyaman untuk sang koi, dan gampang dalam perawatanya.

2. Pengisian Air Yang Bagus Pada Kolam Ikan

  Air ialah kunci dalam cara memelihara dan merawat ikan koi supaya sehat. Jika air yang dipakai dari sungai ataupun sumur, maka air harus diendapkan terlebih dahulu sebelum ikan koi dimasukan. Dan ketika mengisi air pada kolam, perlu diperhatikan jarak air ke bibir kolam minimal 25 cm, hal demikian dimaksudkan supaya ikan koi tidak melompat ke keuar kolam. Untuk memaksimalkan air pada kolam, kolam sanggup di lengkapi dengan jalan masuk pembuangan di kepingan bawah, dan pipa untuk menyalurkan air higienis pada kepingan atas.

*Baca Juga Pemeliharaan & Langkah Budidaya Ikan Mujair

3. Memasang Filter Kolam Koi

  Kunci dari memelihara ikan koi ialah air, sedangkan kunci dari air yang anggun ialah fiter yang baik. Keruhnya air kolam terjadi lantaran beberapa faktor, ibarat kotoran ikan, lumut, alga, daun yang jatuh di kolam dan sisa makanan. Parahnya lagi, air kolam yang keruh menciptakan kadar oksigen sedikit, dan menjadikan ikan berebut oksigen, ditambah dengan sisa kuliner dan kotoran ikan, akan menimbulkan gas amonia. Gas amonia yang melebihi batas akan menimbulkan racun, dan jadinya ikan koi akan mati lemas. Untuk menjaga air tetap dalam kondisi bagus, sanggup dipasang filter empat lapis, filter ini terdiri dari empat komponen yaitu:

1. Komponen filter kolam ikan koi pertama yang terdiri dari kerikil, pasir dan ijuk. Fungsi dari filter pertama ini ialah menyaring sampah dan lumpur yang mengotori kolam.

2. Komponen filter kolam ikan koi kedua yang berupa karbon zeolit yang berfungsi menghilangkan anyir tak sedap, racun dan membunuh bibit penyakit.

3. Komponen filter kolam ikan koi ketiga yang berupa pestisida yang tak mematikan kuman pengurai dan berperan dalam proses penjernihan air kolam.

4. Komponen filter kolam ikan koi keempat berupa tumbuhan atau bebatuan yang sanggup mengikat kotoran.

Sedangkan untuk menciptakan pertumbuhan koi baik, derajat keasaman atau pH air sebaiknya 6,5 - 8,5. Dan untuk menjaga sirkulasi air, sanggup dipasang pompa air yang sanggup menyalurkan 25 liter air setiap menitnya. Fiter semacam ini akan memebuat air anggun dan jernih, akan tetapi untuk lebih baiknya gantilah air setiap dua ahad sekali, supaya zat-zat racun dari sisa kuliner yang yang terurai menjadi nitrit berbaya bagi kesehatan ikan koi sanggup terbuang. Dan jangan lupa pula bersihkan filter dan kolam filter supaya infinit dengan cara semprot dengan air higienis selama 5-10 menit.

*Baca Juga Jual Waring Ikan Warna Hitam

Berikan Makanan Ikan Koi Yang Bagus


  Pemberian kuliner inilah hal yang sedikit rumit dalam cara memeihara dan merawat ikan koi. Akan tetapi bila derma kuliner pada ikan koi ini tepat, maka koi akan tumbuh sehat dan warnanya cemerlang. Ikan koi ialah ikan yang bersifat omnivora, akan melahap segala jenis kuliner yang diberikan. Akan tetapi, bukan berarti sanggup diberikan kuliner sesuka hati anda. Karena ikan koi juga butuh asupan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan koi, baik itu berupa pakan alami maupun buatan. Makanan Koi juga harus mengandung perhiasan yang sanggup diperoleh dari jenis sayur-sayuran, roti, cacing, atau sanggup juga buah-buahan tertentu. Koi juga ikan yang rakus, bila diberikan kuliner banyak juga akan dimakan semuanya, sanggup dibilang ikan koi selalu lapar. Berilah makan ikan koi secukupnya saja, jangan berlebihan.

 Karena bila koi makan terlalu banyak hanya akan menciptakan kolam cepat kotor, itu disebabkan lantaran kotoran ikan koi. Semakin banyak koi makan, maka kotoranya juga banyak dan jadinya koi jadi tidak nyaman dan mati. Apabila bila ikan koi kekenyangan juga menimbulkan kematian. Ikan koi juga mempunyai nafsu makan yang berbeda pada setiap musim. Seperti contohnya pada animo kemarau, koi akan makan dengan lahap, begitu pula sebaliknya nafsu makan ikan koi akan berkurang pada ketika animo dingin. Semoga sehabis memebaca postingan  cara memelihara ikan koi dan merawatnya supaya sehat serta cemerlang warnanya, ikan koi anda sehat dan warnanya tampil lebih indah untuk dipandang, lebih menarik, dan banyak orang yang berminat ingin membeli ikan koi anda.


WARING IKAN
Kami menyediakan waring ikan benang single maupun double, baik Uk. 1,2m x 100m atau Uk. 1,2m x 90m
Info harga waring ikan sanggup anda lihat disini http://bit.ly/2cPMM3G, untuk pemesanan silahkan Hub. 087702821277 | 081232584950 | 085233925564
Waring ikan biasa dipakai sebagai keramba, tapi sanggup juga dimanfaatkan layaknya paranet, yakni sebagai pengontrol sinar terik matahari siang.
Info selengkapnya ihwal prodak sanggup anda lihat di www.waring99.com
Dapatkan update warta pertanian & perkebunan disini https://goo.gl/7nhnO4

#WaringIkan #JaringIkan #JaringKeramba #WaringIkanMurah

Komentar