Pertanian & Perikanan - Cara Sempurna & Gampang Budidaya Ikan Di Lahan Sempit

Persiapan kolam
Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan bak budidaya. Kolam yang digunakan untuk budidaya ikan di lahan sempit sanggup terbuat dari apa saja. Kolam ikan sanggup dibentuk di belakang maupun di samping rumah asalkan masih cukup. Kolam untuk budidaya di lahan yang sempit juga sanggup memakai media apapun. Keuntungan dari budidaya ikan di lahan sempit yaitu perawatan bak serta ikan yang tidaklah terlalu sulit. Kekurangannya hanya ikan yang dibudidayakan relatif lebih sedikit.

*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Ikan Dalam Keramba Agar Hasil Lebih Optimal


Berikut merupakan bak yang sanggup dipilih sebagai kawasan budidaya ikan:

♦ Kolam Tanah
Jika Anda mempunyai lahan di belakang atau di samping rumah, itu sudah cukup untuk digunakan sebagai kolam. Penggunaan bak dari tanah mempunyai kelemahan kalau jenis tanah yang digunakan tidak sesuai. Hal ini akan mengakibatkan air cepat meresap serta menghilang. Jika tanah yang dijadikan bak tidak sesuai, lapisi permukaan tanah tersebut dengan plastik tebal atau terpal terlebih dahulu sebelum diisi air.

♦ Kolam terpal
Penggunaan bak terpal menunjukkan laba terhadap penggunaan lahan sempit. Penggunaan terpal sebagai bak termasuk dalam bak semi permanen sebab sanggup di pindah atau bahkan dibubarkan. Kolam yang dibentuk untuk budidaya ikan dibentuk dengan ukuran standar yang biasa digunakan ialah 2x1 meter. Untuk ketinggian, usahakan untuk mengikuti jenis ikan yang dibudidayakan. Karena setiap jenis ikan membutuhkan ketinggian air tertentu untuk berkembang secara optimal.

♦ Akuarium
Jenis wadah ini biasanya cocok digunakan untuk budidaya ikan hias. Penggunaan akuarium mempunyai keunggulan dalam hal fleksibilitas sebab sanggup dipindahkan ke kawasan berbeda. Yang harus diperhatikan dalam penggunaan akuarium ialah kebersihan serta kontribusi bahan-bahan tertentu. Bahan ini sanggup berupa ornamen sebagai kawasan pembiakan ikan hias.

♦ Drum Plastik
Untuk budidaya skala kecil terutama di lahan sempit, media budidaya yang sanggup digunakan yakni drum Plastik atau ember. Penggunaan media ini dinilai sangat mudah sebab mempermudah budidaya serta tidak membutuhkan kawasan yang luas. Kekurangan dari penggunaan media drum plastik ialah daya tampung yang tidak terlalu banyak. Jenis ikan yang cocok untuk dibudidayakan memakai media ini ialah jenis ikan hias atau belut.

Pemupukan dasar kolam
Untuk beberapa jenis budidaya ikan tertentu, pemupukan pada dasar bak perlu dilakukan. Pemupukan hendaknya hanya dilakukan pada bak yang terbuat dari tanah. Pemupukan juga harus meyesuaikan kadar keasaman tanah.

Pemilihan & Penebaran benih
Ikan yang cocok untuk dibudidayakan di lahan sempit yaitu jenis ikan air tawar, Dalam menentukan benih ikan air tawar, pilihlah bibit ikan yang kualitas manis serta tahan hama penyakit. Jika Anda tidak tau cara menentukan benih yang bagus, jangan pernah takut untuk bertanya perihal bibit ikan yang manis serta berkualitas demi hasil panen serta laba yang maksimal.

Penebaran benih harus dilakukan secara hati-hati, terutama untuk jenis ikan hias. Penebaran hendaknya harus melalui proses penyesuaian terlebih dahulu. Untuk jenis ikan tertentu, penebaran sanggup dilakukan secara langsung. Sedangkan untuk jenis ikan lain, penebaran sanggup dilakukan dengan cara merendam benih ikan yang masih ada dalam plastik ke dalam bak semoga sanggup menyesuaikan diri dengan suhu bak terlebih dahulu.

Pemberian pakan
Pakan yang diberikan biasanya tergantung dari jenis ikan yang dibudidayakan. Yang menjadi perhatian ialah, kontribusi pakan harus sesuai dengan porsi nya. Pemberian pakan yang berlebihan justru akan menimbulkan bak serta air menjadi kotor. Beberapa jenis ikan tidak akan tahan terhadap kualitas air yang jelek sehingga sanggup mengganggu pertumbuhannya. Pakan sanggup berupa pelet ikan yang mempunyai nutrisi yang lengkap.

*Baca Juga : Budidaya Ikan Gurame di Kolam Tembok Agar Cepat Besar


Pemeliharaan
Bersihkan selalu bak ikan serta pastikan bak tetap higienis serta terjaga kualitasnya, serta bersihkan bak secara rutin dengan membuang sebagian air kemudian mengaliri dengan air yang baru. Anda sanggup menyediakan pengairan yang baik semoga air di dalam bak sanggup keluar masuk dengan baik. Sehingga ikan tidak stress/mati sebab air yang kotor.

Panen
Pemanenan ikan mempunyai waktu panen yang berbeda antara satu jenis dengan jenis lainnya. Maka dari itu pelajari dahulu mengenai waktu panen dari masing-masing jenis ikan yang ingin dibudidayakan. Lakukan pemanenan secara hati-hati semoga ikan tidak lecet/terluka, kalau ikan lecet/terluka maka akan menurunkan kualitas serta harga jualnya nanti.

Kami CV Lim Corporation menyediakan waring ikan berkualitas. Untuk isu harga Waring ikan terupdate kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA)

Selamat Mencoba....

Komentar