Pertanian & Perikanan - Cara Sempurna & Gampang Budidaya Ikan Baung

Pemilihan lokasi
Tempat untuk pembuatan bak budidaya ikan baung harus jauh dari pencemaran serta limbah/sampah.
Tanah yang baik untuk bak yakni tanah yang berstruktur kuat, sanggup menahan air, subur, tidak berbatu serta tidak tercemar.
Sumber air harus bebas dari pencemaran limbah serta bahan-bahan beracun.
Suhu air sebaiknya berkisar antara 26 – 30°C dengan pH air berkisar antara 4 – 9,
✦Kandungan oksigen terlarut dalam air bak ikan minimal 1 mg/liter .
Lokasi budidaya harus terbebas dari hama ikan baung.


Pembuatan Kolam
Buat bak dengan bentuk persegi panjang, bentuk pematang trapesium dengan kemiringan 1 : 1, serta pecahan atas pematang di tanami flora air untuk menghindari tanah tidak mengalami erosi. Tinggi pematang berkisar antara 1,5 – 2 m. Pematang sanggup dibentuk dari tanah sekitar bak atau dari tembok.

*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Belut

Sebelum di gunakan untuk pembesaran ikan, sebaiknya bak budidaya ikan di keringkan terlebih dahulu kemudian di beri kapur CaCO3 dengan takaran 180 – 370 kg / ha untuk membasmi hama yang membahayakan ikan serta untuk mengurangi keasaman tanah serta air kolam. Kolam sanggup juga di pupuk dengan pupuk organik 1kg / M2 /periode atau pupuk anorganik 1 gram / M2 / periode.

Tinggi air yang manis untuk pemeliharaan ikan minimal 0,5 m dengan debit air berkisar sekitar 10 – 15 liter/detik/ha. Sebelum air di masukan kedalam bak pemeliharaan, dianjurkan pintu kawasan masuk air di beri saringan untuk menghindari hama serta kotoran biar tidak masuk kedalam bak budidaya. Kemudian isi bak dengan air, pastikan air untuk bak tidak terkontaminasi limbah atau sampah.

Pemilihan & Penebaran Benih
Pilihlah benih yang sehat serta berasal dari indukan ikan baung yang unggul yang tahan hama penyakit. Penebaran benih ikan sanggup di lakukan sehabis air dalam bak telah di biarkan selama kurang lebih 1 bulan. Benih yang di tebar sanggup berukuran sekiar 2 -3 gram dengan kepadatan tebar 60 – 100 ekor/ M2. Cara menebarnya yakni dengan memasukkan wadah benih kedalam bak kemudian biarkan benih keluar dari wadah dengan sendirinya sampai habis.

Pakan
Pemberian pakan ikan baung sanggup diberikan dengan frekuensi 3 kali sehari, yakni pada pagi sore serta malam hari dengan kandungan nutrisi protein 30% lemak 25% karbohidrat 10-25%. Pakan yang di berikan yakni pelet ikan jenis 781 -2 SP. Selain pelet ikan, proteksi pakan juga sanggup di beri pakan pemanis buatan yang terdiri dari dedek, jagung, ikan asin serta materi lain kemudian di giling jadi satu.

Perawatan
Pantau selalu kualitas air dalam bak ikan apakah masih manis atau tidak, salah satunya yang harus di pantau yakni kandungan oksigen pada air menurun atau masih tetap. Bersihkan bak dari sisa pakan serta sampah yang mengambang. Cek selalu ikan baung apakah ada yang terjangkit penyakit atau tidak, bila ada segera lakukan penanganan. Ganti air bak bila dirasa air bak sudah terlalu kotor dan timbul amis busuk.

*Baca Juga :  Tips Budidaya Ikan Cupang Dengan Baik & Benar!



Hama & Penyakit
Hama yang sering mengganggu budidaya ikan baung yakni ibarat biawak serta ular sawah yang sering memakan ikan. Untuk mencegah ikan baung terjangkit penyakit, maka Anda harus rajin menilik bak setiap hari. Penyakit yang biasanya menyerang disebabkan oleh parasit, bekteri, jamur serta lain sebagainya. Pencegahan hama & penyakit sanggup dengan membersihkan sekitar bak budidaya serta juga proteksi vitamin ikan yang di campurkan pakan ikan. Jika ikan terjangkit penyakit, maka pindah ikan yang terjangkit dari bak biar tidak menular kemudian beri pengobatan sesuai penyakit.

Panen
Ikan baung sanggup di panen sehabis ikan telah mencapai ukuran konsumsi yang biasanya berbobot 150-200 gram per ekor. Lama pemeliharaan ikan sampai ikan baung siap untuk dipenen tergantung ukuran benih dikala di tebar di kolam. Saat memanen ikan baung, lakukanlah pemanenan secara hati-hati guna menghindari luka pada ikan serta biar ikan tidak stress.

Kami CV Lim Corporation menyediakan waring ikan berkualitas. Untuk warta harga waring ikan terupdate kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277

Selamat Mencoba....

Komentar