Pertanian & Perikanan - Cara Sempurna & Gampang Budidaya Ikan Gabus

Pemilihan Tempat Budidaya 
Ikan gabus ini sanggup dibudidayakan di bak terpal, bak tanah maupun di bak beton. Pembuatan bak budidaya sanggup di sesuaikan dengan biaya, kebutuhan serta keinginan. Pilih lokasi daerah budidaya yang terhindar dari pencemaran limbah/sampah.

Pemilihan benih
Pilihlah benih ikan gabus yang sehat, berasal dari indukkan yang unggul serta tahan serangan hama penyakit. Benih ikan sanggup didapat eksklusif dari indukan ikan gabus atau membelinya di toko yang menjual benih ikan.
*Baca Juga : Cara Tepat & Praktis Budidaya Ikan Bawal

Persiapan Kolam Ikan Gabus
Untuk proses pembesaran ikan gabus diharapkan bak khusus yang sanggup dipilih yaitu bak beton, terpal serta tanah. Jika menggunakan bak beton/tanah, maka keringkan terlebih dahulu bak sekitar seminggu. Kemudian berikan pupuk sangkar dengan ketebalan berkisar 30 cm, serta juga beri pupuk kapur dolomid, kemudian biarkan lagi sekitar 3 hari supaya pupuk tersebut sanggup larut dalam tanah. Ini bermanfaat sebagai penghasil pakan alami bagi ikan gabus.

Untuk budidaya dalam bak terpal terdapat 2 cara menciptakan media, bak sanggup dibentuk dengan menggali tanah atau dengan menciptakan kerangka bambu diatas tanah. Sebelum menggunakan terpal, terpal direndam dahulu dengan air selama 3 hari kemudian bilas dengan air bersih. Selanjutnya pasang terpal pada media sesuai dengan cara yang dipilih. kemudian ikat pinggir terpal dengan kawat dan paku supaya kuat.

Jika bak ikan sudah siap, kemudian isi bak ikan dengan air higienis yang tidak terkotori hingga kira-kira tingginya 50 cm – 100 cm. Lalu biarkan air selama 1 ahad serta jangan dialirkan.

Penebaran Benih Ikan Gabus
Sebelum benih ikan gabus di tebar dalam kolam, biarkan air bak tidak dialirkan selama seminggu. Jika bak ikan telah siap dipakai, selanjutnya masukkan benih ikan gabus yang umurnya 2 minggu/tergantung benih yang didapat kedalam bak ikan.

lakukan penebaran benih ikan gabus pada pagi hari. Setelah itu, biarkan dulu bibit ikan gabus tidak diberi makan selama sekitar 2 hari. Setelah 2 hari di kolam, berikan benih ikan gabus makanan berupa pelet ikan.

Pemberian Pakan
Ikan gabus sanggup diberi pakan yang berupa pelet. Selain diberi pakan pelet, berikan juga makanan suplemen ibarat bekatul, ampas tahu, jagung serta ikan teri. Pakan ikan gabus idealnya harus mengandung lemak 15 persen, protein 15 persen serta karbohidrat 10 persen. Jangan hingga telat dalam memberi makan ikan gabus, alasannya yaitu ikan gabus bersifat kanibal. Jika telat memberi makan ikan, kemungkinan besar ikan ini akan memakan ikan gabus lain yang ukuranya lebih kecil.

*Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Budidaya Sirsak yang Menguntungkan


Perawatan Ikan gabus
Selalu bersihkan bak ikan gabus dari sampah serta kotoran ikan. Cek selalu kondisi air dalam bak ikan apakah masih manis atau tidak. Jika air bak sudah terlalu kotor serta berbau busuk, segera ganti air dalam kolam. Pantau juga apakah ada hama atau penyakit yang menyerang ikan gabus. Jika ada ikan gabus yang terjangkit penyakit, segera ambil supaya tidak menyebar kemudian lakukan pengobatan.

Panen 
Pemanenan ikan gabus sanggup dilakukan sesuai dengan undangan pasar. Bisanya ikan gabus yang sudah sanggup dipanen telah berumur kurang lebih 2-3 bulan. Proses panen ikan gabus harus dilakukan secara bertahap, alasannya yaitu bila dilakukan secara serentak dikhawatirkan ikan gabus akan stress dan hasilnya mati.

Kami CV Lim Corporation menyediakan waring ikan berkualitas. Untuk informasi harga Waring ikan ter update kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA)

Selamat Mencoba....

Komentar