Pertanian & Perikanan - Manfaat Gula Aren Sebagai Komplemen Rendah Kalori


Sebagai masyarakat Indonesia, niscaya sudah mengetahui dengan apa yang namanya gula aren. Gula aren yaitu salah satu variasi gula natural yang diproduksi dan dijadikan dengan memakai materi natural dari buah aren. Berbeda dengan gula putih biasa yang dijadikan dari batang tebu, gula aren mempunyai warna merah dan mempunyai tekstur yang lebih agresif serta tak berbentuk Kristal menyerupai gula tebu. Karenanya dari itu, gula aren lebih kerap kita ketahui dengan nama gula merah.

Produksi Gula Aren

Produksi gula aren sendiri tersebar di semua nusantara, mulai dari ujung Sumatra hingga ke ujung timur Indonesia. Hampir di tiap-tiap kawasan mempunyai pusat kerajinan pembuatan gula aren. Gula aren sendiri yaitu salah satu konsumsi utama dari masyarakat Indonesia dan yaitu materi dasar dalam pembuatan variasi kuliner dan minuman di Indonesia. Tak hanya untuk pembuatan camilan anggun tapi manfaat gula aren banyak dipakai, lebih-lebih bagi kalangan masyarakat Indonesia.

Apa saja manfaat dari gula aren? Berikut ini sebagian diantaranya :

1. Sebagai materi dasar pembuatan kuliner

Gula aren sudah semenjak dulu kala dimanfaatkan sebagai salah satu materi dasar pembuatan kuliner dan minuman khas Indonesia. Rasanya yang anggun dan legit serta sedap membikin gula aren menjadi salah satu opsi utama dalam proses pembuatan kuliner dan minuman yang ada dan menjadi ciri khas Indonesia. Berikut ini sebagian variasi kuliner dan minuman khas Indonesia yang memanfaatkan gula aren :

A. Wedang
B. Es kelapa muda
C. Manis-kue, menyerupai klepon, putu
D. Maskan nusantara, menyerupai gudeg

2. Penambah daya
Mungkin sedikit dari anda yang mengetahui manfaat gula aren bagi kesehatan sebagai salah satu sumber daya. Gula aren mempunyai kandungan kalori, yang memang tak tinggi. Melainkan, alasannya kandungan kalori yang tak tinggi inilah yang menjadi kelebihan dari gula aren. Meskipun mempunyai kalori yang tak tinggi, tapi gula aren kapabel memperlihatkan daya dan daya yang cukup. Biasanya para pendaki gunung membawa bekal gula aren untuk menambah daya dan daya mereka saat lelah dalam mengerjakan pendakian.

3. Mencegah anemia
Dari segi kesehatan, gula aren bahkan tak boleh dilihat sebelah mata. Gula aren mempunyai cukup banyak manfaat bagi kesehatan badan kita. Manfaatnya yang pertama yaitu gula aen kapabel mencegah terjadinya anemia pada badan kita. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi pada gula aren yang cukup tinggi sehingga sanggup mencegah kekurangan darah atau anemia. Dengan tercukupinya kandungan darah di dalam tubuh, karenanya badan kita akan terhindar dari tanda-tanda – tanda-tanda yang disebabkan oleh anemia, menyerupai :

A.
5L ( Lemah, lelah, letih, lesu, lemas)
B.
Praktis terjangkit penyakit
C.
Energi bendung badan yang berkurang
D.
Tak bermotivasi dalam mengerjakan aktivitas.

4. Memperlancar Sirkulasi Darah

Manfaat lain dari gula aren yang mesti anda ketahui yaitu gula aren kapabel untuk memperlancar peredaran darah pada badan anda. Dengan lancarnya peredaran darah di dalam badan anda. Karenanya badan anda kapabel terhindar dari beerbagai variasi gangguan – gangguan yang sanggup berakibat jelek bagi kesehatan badan anda. Berikut ini sebagian hal yang sanggup membahayakan badan saat peredaran darah di dalam badan anda terhambat dan tak lancar :

Suplai oksigen ke otak berkurang, mengakibatkan menurunnya konsentrasi dan daya pikir
Sulit jantung menjadi lebih berat dan mengakibatkan gagal jantung
Suplai darah ke berjenis-jenis organ badan akan berkurang, sehingga akan memunculkan gangguan pada organ – organ badan yang membutuhkan suplai darah yang optimal dan mengakibatkan badan akan terasa pesat lelah dan juga lemas

Baca Juga :
7 Tahapan Dalam Budidaya Tebu Berkualitas 
Inilah Khasiat Yang terkandung Dalam Teh Oolong
Tips Dan Trik Dalam Menanam Bunga Mawar
Teknik Jitu Dalam Budidaya Cincau
 Metode Sederhana Dalam Budidaya Ciplukan
5. Meningkatkan daya bendung tubuh

Manfaat gula aren asli yaitu kapabel meningkatkan daya bendung alias imunitas tubuh. Kandungan yang ada pada gula aren kapabel menjadi pemicu naiknya daya bendung tubuh, sehingga akan sungguh-sungguh baik bagi kesehatan badan anda. dengan terjaga dan meningkatnya daya bendung atau imunitas badan anda, karenanya anda akan :

A.Senantiasa terjangkit penyakit
B.Tak merasa segar dan fit dalam berkegiatan
C.Tak mudah merasa lelah
D. Praktis fungsi dan daya kerja dari organ-organ dalam tubuh

6. Menjaga kadar kolestrol tubuh

Salah satu kandungan penting dari gula aren, yaitu kandungan niacin yaitu salah satu kandungan yang kapabel menjaga kadar kolesterol badan akan konsisten terjaga. Hal ini berarti kondisi kadar kolesterol badan yang tinggi akan lantas normal kembali dengan mengonsumsi gula aren. Kadar koleterol yang terlalu tinggi akan sungguh-sungguh berakibat jelek bagi kesehatan badan anda. Berikut ini sebagian kemungkinan jelek yang akan terjadi apabila kadar kolestrol dalam badan tak terjaga dengan baik :

A. Diabetes
B.
Jantung coroner
C.
Stroke
D.
Asam urat
E.
Tubuh menjadi lemas lesu dan lemah
F.
Mudah mengantuk
G.
Kurang konsentrasi
H.
Sesak nafas

7. Sebagai adonan pada ramuan obat tradisional

Indonesia kaya akan rempah rempah dan ramuan – ramuan obat tradisional, alias jamu yang sungguh-sungguh berjenis-jenis. Untuk mewujudkan jamu dan ramuan herbal yang berkwalitas, biasanya digunakan adonan materi – materi herbal yang berasal dari toko obat hidup dan dicampur dengan gula aren. Gula aren kecuali berfungsi sebaga pemanis, berfungsi juga untuk mengoptimalkan khasiat dari ramuan – ramuan herbal dan jamu yang akan dikonsumsi. Ramuan dan jamu ini biasanya sempurna sasaran dalam menyembuhkan sebagian penyakit ringan, menyerupai :

A.
Asam urat
B. Reumatik
C.
Pegal-pegal
D. Masuk angin
E.
Demam
F.
Flu dan batuk

8. Sebagai materi suplemen rendah kalori

Yang namanya gula, sudah niscaya mempunyai rasa yang sungguh-sungguh anggun dan legit. Melainkan demikian, saat ini banyak orang yang tak menyenangi dan menghindari gula putih alasannya dianggap mempunyai kalori yang terlalu tinggi dan sanggup mengakibatkan obesitas, hingga diabetes. Berbeda dengan gula putih, manfaat gula aren untuk diabetes masih kondusif untuk dikonsumsi dalam batasan yang wajar. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalori pada gula merah yang relative jauh lebih rendah diperbandingkan gul aputih biasa.

Hal ini tentunya akan sungguh-sungguh menaikkan tren gula aren sebagai materi suplemen rendah kalori.  saat ini masih dimanfaatkan sebagai materi pemanis, lebih-lebih pada minuman-minuman sehari-hari. Itulah sebagian manfaat dari gula aren yang perlu anda ketahui. Mungkin ada sebagian yang belum mengetahui kegunaannya yang luar biasa. Semoga artikel ini mempunyai kegunaan bagi anda semua.

Demikian artikel wacana gula aren ini, supaya bermanfaat bagi kita semua :D Nantikan artikel selanjutnya di sini :D




Kami menyediakan waring sayur banyak sekali warna dan ukuran sesuai kebutuhan anda .
Bagi para petani sayur, waring sayur ini sangat bermanfaat sebagai sarana packing atau pengemasan, baik dalam rangka penyimpanan atau pengangkutan. Selain itu waring ini sangatlah simpel dan pastinya lebih ekonomis. Tunggu Apalagi Segera Pesan Sekarang!!
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya wacana prodak sanggup anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat eksklusif dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#WaringSayur #KarungWaring #UkuranWaringSayur #WaringMurah

Komentar