Pertanian & Perikanan - Ini Beliau Trik Jitu Budidaya Jeruk Bali, Dan Solusi Dikala Pengemasan


Jeruk bali memiliki banyak penggemar di seluruh penggalan nusantara. Tak hanya di Indonesia, buah ini juga banyak digemari di aneka macam negara Asia menyerupai Thailand, Bangladesh, Cina, dan Filipina. Nah, cara budidaya jeruk bali itu sendiri tidaklah sulit.

Ciri-ciri trik budidaya jeruk bali sama dengan jenis jeruk lainnya, menyerupai jeruk lemon ataupun jeruk nipis. Anda hanya harus memastikan lahan yang akan digunakan untuk budidaya tak sempit sebab 1 pohon jeruk bali memerlukan area sekitar 7×8m.

Pastikan buah jeruk bali ditanam pada area bersuhu maksimal 30°C. Buah jeruk bali paling baik apabila ditanam di kawasan dataran tinggi. Namun, di dataran rendah pun tanaman ini sanggup tumbuh baik asalkan kebutuhan airnya tercukupi, menerima banyak sinar matahari, serta terbebas dari serangan hama.

Penyiapan Lahan

Penyiapan lahan harus dilaksanakan beberapa ahad sebelum Anda menanam jeruk bali. Anda juga perlu melakukan penggemburan lahan dengan cara mencangkuli tanah dan mencampurnya dengan pupuk. Tahap pemetakan lahan yang akan ditanami setiap bibit, standartnya Anda siapkan petakan tanah sebesar 7×8m untuk setiap bibit.

Hal ini bukan tanpa alasan sebab saat bibit buah jeruk bali ini membesar, ketinggiannya sanggup mencapai sekitar 5m. Untuk itu, diharapkan petakan tanah yang besar dan arah mata angin yang tepat. Arah timur ke barat merupakan arah mata angin yang sempurna bagi pohon jeruk bali biar kebutuhan sinar matahari sanggup tercukupi.

Pembibitan

Pembibitan memegang kunci penting dari hasil panen maksimal yang akan Anda raih. Karena cara pembibitan buah jeruk bali ini sebagian besar dilaksanakan bukan dengan metode biji ataupun setek, melainkan dengan cangkok.

Baca Juga :

Metode cangkok dipilih sebab para petani jeruk bali memiliki pengalaman yang baik dengan metode ini, yakni masa buahnya yang tak terlalu usang dan daya tahan pohon yang cukup kuat. Ciri-ciri bibit dari buah jeruk bali dengan kualitas yang baik, ialah batangnya lurus dari atas ke bawah serta berdiameter batang sekitar 2—3cm.

Sesudah Anda memperoleh bibit jeruk bali yang sempurna dan sesuai, maka tanamlah setiap bibit di petakan tanah yang telah Anda siapkan. Penanaman sanggup dilaksanakan kapan saja sebab buah jeruk bali ini sanggup tumbuh pada animo kering ataupun pada animo hujan, tentunya dengan memenuhi kebutuhan tanaman jeruk bali ini.

Pemupukan

Pemupukan sanggup Anda laksanakan maksimal 3 kali dalam 1 tahun. Pemupukan pertama menggunakan pupuk kandang. Sementara, pada tahap pemupukan kedua sanggup Anda laksanakan dengan pupuk NPK. Selain itu, penyiraman perlu Anda laksanakan saat animo kering biar pohon jeruk bali tak kekurangan air. Perawatan lainnya ialah penyiangan, pengusiran hama dan ulat serta pembatasan jumlah ranting dan buah pada animo panen yang pertama.

Pemanenan

Panen besar mulai sanggup Anda nikmati setelah tahun ketiga. Sebelumnya memang buah jeruk bali sudah tumbuh tetapi Anda belum sanggup memanen buahnya sebab Anda harus memperhatikan aspek yang lebih utama dan penting di masa yang akan datang, ialah pembatasan buah dan ranting biar tumbuh maksimal di tahun yang berikutnya.

Jika Anda membutuhkan Waring Sayur untuk hasil panen tanaman sayur atau buah Anda ataupun untuk yang lainnya silakan Anda hubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877.0282.1277 / 0812.3258.4950 / 0852.3392.5564

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah Setiap waktu

Komentar