Pertanian & Perikanan - Meningkatkan Efisiensi Pengemasan Buah Mentimun Dengan Waring Sayur

Manfaat Waring Sayur Untuk Pengemasan - Lim Corporation

Tanaman timun dengan nama latin Cucumis Sativus L yang tergolong dalam suku labu-labuan yaitu flora penghasil buah yang bisa dikonsumsi. Umumnya buah timun dipanen dalam kondisi belum matang benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung dengan jenisnya juga. Buah timun ini banyak sekali dalam banyak sekali macam hidangan di seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak didalamnya jadi bisa untuk menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Bisa juga dijadikan untuk menetralisir rasa yang terlalu tinggi. Akan tetapi timun bisa cepat rusak dan kedaluwarsa apabila timun tak dirawat dengan baik.

Sebab itu setelah panen harus dilaksanakan penanganan pasca panen yang sesuai untuk mempertahankan kesegaran, mencegah susut dan kerusakan pada tumbuhan timun. Jika pemanenan buah timun sudah selesai, buah kemudian eksklusif dimasukkan ke dalam wadah, misalnya menyerupai karung waring atau sering disebut dengan waring sayur. Berikut ini cara lengkapnya mengenai proses pasca panen timun :

1. Pengumpulan Hasil
Hasil pemanenan dari kebun eksklusif diangkut ke kawasan penampungan atau pengumpulan sementara, yaitu menyerupai ruang gudang atau kawasan lain yang cukup teduh tak terkena sinar matahari secara langsung.

Baca Juga :

2. Penyortiran dan Klasifikasi
Untuk buah yang kurang baik bentuknya menyerupai bengkok, kedaluwarsa atau rusak harus segera dipisahkan dari buah yang baik. Untuk sasaran pasar swalayan, buah mentimun dibagi  sesuai dengan kriteria mutu yang diinginkan oleh konsumen pasar. Berikut pembagian kriteria mutunya :

- Kelas A : panjang 16cm-20cm, diameter 1,5cm, bentuk buah bagus, lurus, bundar serta mulus.
- Kelas B : panjang 20cm-23cm, diameter 2,0cm, bentuk buah bagus, lurus, bundar dan mulus.
- Kelas C : buah akhiran yang panjangnya melebihi 23cm.

Jual Waring Sayur Berkualitas

3. Pencucian dan Penirisan
Buah mentimun yang sudah diubahsuaikan dengan kelasnya segera dicuci dalam air mengalir atau air yang disemprotkan hingga benar-benar bersih. Jika sudah selsai pencucian, eksklusif ditiriskan di kawasan kering untuk menghilangkan air yang masih menempel.

4. Pewadahan dan Pemasaran
Apabila buah mentimun sudah higienis dan kering dimasukkan ke dalam wadah, misalnya menyerupai karung, waring sayur, dus karton ataupun yang lainnya. Posisi buah diatur dengan rapi, baik secara bangkit ataupun ditidurkan bersusun. Kemudian untuk buah mentimun yang sudah diwadahi atau packing siap diangkut dan dipasarkan.

* Ingin Dapat Info Pertanian & Perkebunan Terkini? Kunjungi DISINI

Pemilihan waring sayur ini alasannya yaitu bisa menjaga mentimun dari kedaluwarsa dan menjaga kelembaban dengan baik, alasannya yaitu waring sayur ini memiliki rongga yang cukup lebar untuk mamperlancar sirkulasi udara yang keluar masuk. Barangnya yang ringan dan cara penggunaannya yang simpel serta lebih efisien menciptakan waring sayur ini banyak dipilih untuk pengemasan.

Manfaat Waring Sayur Untuk Pengemasan

Bila Anda Membutuhkan atau Memerlukan Waring Sayur untuk penanganan pasca panen tumbuhan atau untuk yang lainnya dengan harga yang lebih terjangkau dan untuk pemesanan Anda bisa menghubungi kami melalui SMS/CALL/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service :
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com

Catatan :
– Minimal order 5 Ball
– 1 Ball = 1.000 lembar
– Harga netto ( tidak termasuk PPN )
– Harga franco Surabaya, belum Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, bisa berubah Setiap waktu

Komentar