Pertanian & Perikanan - Tirik Sukses Budidaya Ikan Di Bak Jaring Apung


Menyiapkan Kolam Jaring Apung
Sebelum menaruh penebaran benih ikan, yang pertama kali harus diperiksa ialah ukuran mata jaring dan kesempunaan jaring. Jika ukuran benih ikan mujair 1kg = 80-100 ekor  5-8 cm  maka mata jaring yang dipergunakan ialah 1 inci.

Menebar Benih
Padat penebaran untuk net bak ukuran VII x VII x III M diharapkan benih ikan mas 125kg ukuran 5-8 cm. Penebaran benih dilaksanakan pada gelap hari. Melepasan benih ikan dengan memakai metode (aklimatisasi) yakni dengan cara membiarkan kantong plastik benih membuka dikit. Aklimatisasi bertujuan untuk beradaptasih benih kedalam kawasan yang baru, alasannya ialah ikan memiliki keterbatasan kecepatan beraptasi maka benih dibantu supaya lebih cepat hingga benih lepas semua.

Baca Juga : 



Memberi Makanan
Dikarenakan adanya kepadatan ikan di dalam bak tinggi maka barang tentu ketersediaan makan alami tak memenuhi kebutuhan ikan tersebut. Oleh alasannya ialah ini lah perlu diberi makan pelengkap yang disebut pellet dengan gizi tinggi yakni dengan kandungan protein ( 20 %).

Jumlah pellet yang diberikan 3 Sampai 5 % X bobot total ikan dalam net kolam, dikasih hingga 5X dalam s1 hari. Memberikan makan ikan tergantung dengan situasi ikan / kondisi lingkungan , jikalau cuaca cerah, suhu tinggi maka ikan cepat lapar, sehingga ikan perlu diberi pakan.

Menaksir Bobot Total Ikan
Untuk menaksir bobot ikan maka yang dilaksanakan ialah mengambil ikan contoh. Pengambilan ikan teladan dilaksanakan 1 minggu  1X, dengan cara menangkap 30 ekor ikan secara acak kemudian ikan tersebut ditimbang. Ikan teladan tersebut dihitung bobot rata-ratanya. Berat ikan total dihitung dengan memakai pendekatan jumlah populasi awal dikurangi jumlah ikan yang mati dikalikan bobot rata-rata ikan contoh.

Setelah taksiran bobot total ikan terhitung, maka bobot pakan yang akan diberikan sanggup dihitung, tetapi kejadiannya akan lain apabila cuaca panas, yang menjadikan donasi pakan meningkat dan menyimpang dari pendekatan, untuk mengetahui ini perlu dihitung ke butuhan pakan, apabila konversi pakan 1,8 – 2 maka sasaran terpenuhi.

MEmanen Ikan MAs
Setelah benih ikan mas dipelihara selama 2,5 hingga tiga bulan, maka ukuran ikan menjadi 1 kg = 3-5 ekor. Berdasarkan usul pasar biasanya ikan mas ukuran ini yang banyak dicari oleh konsumen pada umumnya.

Cara pemanenan ikan, alat yang dipakai iaalah tambang atau bambu. Berikanlah tambang atau bambu tersebut di bawah bak yang akan dipanen. Kemudian bambu atau tambang tersebut digerakkan mengarah ketepi. Pasti ikan akan terkumpul di tepi net. Setelah ikan berkumpul, maka ikan ditangkap secara berhati -hati, usahakan ikan jangan hingga terluka,lecet dll, jikalau ikan terluka maka sepertibiasa ikan tak tahan diangkut dalam waktu yang relative lama.




Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Waring ikan untuk budidaya ikan di parit atau dipakai untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp       :   031- 8830487
Mobile   : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Web      : https://www.facebook.com/notes/pertanian-perkebunan/harga-waring-ikan-per-17-september-                      2016/513086712214866 atau http://www.waring99.com/
Email   : limcorporation2009@gmail.com





Komentar