Pertanian & Perikanan - Berikut Yakni Sistem Mudah Dalam Budidaya Pohon Aren Yang Serba Guna

Distributor Waring Sayur & Waring Ikan - Lim Corporatin

Aren ialah salah satu tumbuhan palma yang berbagai berkhasiat dengan kata lain semua komponen tananaman ini sanggup dimanfaatkan. Mulai dari daun hingga akar. Daun aren muda dimanfaatkan sebagai materi pembungkus, buahnya sanggup dikonsumsi, nira yang dihasilkan sanggup dijadikan gula, batangnya sanggup dipakai untuk materi dasar pembuatan perkakas rumah tangga, selain batang, daun dan ijuk nya bahkan sanggup dimanfaatkan, dan akarnya pun sanggup dimanfaatkan sebagai materi dasar obat - obatan tradisonal maupun moderen.

Dengan manfaat dari tumbuhan ini, apabila anda melaksanakan budidaya tumbuhan ini maka akan memproleh profit yang sangatlah menjanjikan dan menguntungkan. Berikut merupakan Sistem Budidaya Tanaman Aren :

a. Persyaratan Tumbuh 
Aren sanggup tumbuh pada tempat beriklim sedang dan lembap dengan ketinggian 9 hingga 1.400 mdpl, namun aren sanggup tumbuh anggun pada tempat dengan ketinggian 500 higga 800 mdpl dan mempunyai curah hujan sekitar 1200 mm/tahun.


b. Pembenihan Tanaman Aren 
Bibit aren sanggup didapatkan dari regenerasi natural bibit atau pembenihan biji bibit. Biji yang akan diciptakan bibit sebaiknya berasal dari pohon palem atau aren yang tumbuh sehat, pilihlah buah aren yang sudah matang berwarna kuning kecoklatan dan mempunyai daging lunak, buah hal yang demikian sebaiknya mempunyai ukuran yang besar minimal 4 cm, mempunyai kulit buah tang halus serta tak terjangkit penyakit. Sesudah buah didapatkan keluarkan biji aren dari buah dengan metode membelahnya. Jika sudah anda wajib menyeleksi lagi biji aren hal yang demikian, biji yang anggun untuk bibit merupakan biji yang berukuran relatif besar, mempunyai warna hitam kecoklatan, mempunyai permukaan yang halus tak keriput.

c. Penyemaian Biji Bibit
Biji bibit yang akan diciptakan bibit selanjutnya disemaikan. Proses penyemaian bibit aren memang berlangsung cukup sedikit lama. Tetapi sanggup dipercepatnya dengan metode : Merendam biji bibit dalam larutan HCl dengan konsentrasi 95% selama 15-25 menit, Meredam biji bibit pada temperatur air panas sekitar 50 derajat selama 3 menit atau Mengikirkan epilog embrio pada biji.

Media untuk penyemaian sanggup diciptakan dari kantong plastik atau polybag tanam dengan ukuran 20 cm x 25 cm, kemudian polybag tanam hal yang demikian diisi dengan media tanam berupa kompos, pasir dan tanah dengan perbandingan 3 : 1 : 1 dan jangan lupa buat lubang pada komponen bawah polibag tanam atau kantong plastik tersebu untuk susukan drainase. Biji bibit yang sudah siap tanam selanjutnya dimasukkan ke dalam kantong plastik atau polybag tanam hal yang demikian.

d. Pemeliharaan Bibit Semai Aren
Untuk menempuh bibit siap tanam pada lahan tanam atau mempunyai ukuran sekitar 40 cm membutuhkan waktu persemaian selama sekitar 12 hingga 15 bulan. Tetapi selama itu maka lakukan pemeliharaan dengan metode mengerjakan penyiraman sebanyak 2 kali sehari, pada pagi hari dan sore hari, lakukan pula penyiangan untuk menghilangkan gulma pengganggu dan juga lakukan penendalian hama serta penyakit bila hama menyerang.

e. Penanaman tumbuhan Aren
Tanaman Aren sanggup ditanam dengan metode monokultur atau juga dengan metode tumpang sari. Lakukan pengolahan lahan tanam ibarat pencucian lahan dari tumbuhan yang mengganggu, setelah itu lahan tanam digemburkan dengan metode di bajak. Berikutnya, Buatlah lubang tanam dengan ukuran 30x30x30 cm dan antar lubang tanam diberi jarak sekitar 5×5 meter atau 9×9 meter, setelah lubang tanam jadi tiap-tiap lubang tanam diberi pupuk berupa pupuk sangkar, TSP, dan pupuk Urea, kemudian diamkan selama 3 hingga 5 hari, kemudian lakukan penanaman.

Untuk penanaman dengan metode tumpangsari, anda sanggup menanami lahan tanam dengan tumbuhan aren sekaligus tumbuhan pelindung atau tumbuhan epilog ibarat leguminose.

f. Pemupukan Tanaman
Lakukan pemupukan untuk menstimulasi pertumbuhan tumbuhan biar lebih cepat tumbuh. Pemupukan hal yang demikian dikerjakan pada tumbuhan yang sudah berumur 1-3 tahun, pemupukan dikerjakan dengan mengaplikasikan pupuk urea, NPK, pupuk kandang dan juga KCl. Pemupukan hal yang demikian dikerjakan dengan metode ditabur di sekitar batang tumbuhan aren namun tanah sekitar batang wajib digemburkan dulu.

Baca Juga : 

g. Penguasaan Hama Dan Penyakit Tanaman Aren
Hama yang kerap menyerang tumbuhan aren antara lain rino kumbang atau Oryctes thinoceros, kumbang sagu atau hinochophorus ferrugineus, belalang atau Sexava spp, lebah, kelelawar, dan musang. Penguasaan hama sanggup dikerjakan dengan metode mekanis dan kimia. Jika mengaplikasikan metode mekanis anda sanggup memotong komponen pohon yang terjangkit hama hal yang demikian atau menangkap hama hal yang demikian kemudian dibakar. Jika mengaplikasikan metode kimia sanggup dikerjakan dengan menyemprotkan pestisida yang pas.

Penyakit yang kerap menyerang tumbuhan aren merupakan bercak kuning pada daun yang disebabkan oleh Pestalotia sp. Helmiathosporus sp. Pencegahan penyakit ini sanggup dikerjakan dengan metode menyemprotkan fungisida.

h. Pencegahan Gulma
Gulma sangatlah mengganggu pada tumbuhan aren lazimnya ditemukan di 2 tempat merupakan pada komponen poros dan pada tanah disekitar tanaman. Untukitu lakukan penyiangan secara teratur merupakan sebanyak 4 kali dalam setahun hingga tumbuhan berumur 3-4 tahun.

jual waring sayur & waring ikan
* Info selengkapnya mengenai harga Waring Sayur klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Waring untuk peking sayuran atau untuk lainnya dengan harga yang terjangkau silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service : 
Telp : 031 - 8830487
Mobile : 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 Admin 2 Admin 3

Catatan : 
– Minimal order 5.000 lembar
– Harga netto (tidak termasuk PPN)
– Harga franco Surabaya, Termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– Harga tidak mengikat, sanggup berubah Setiap waktu

Komentar