Pertanian & Perikanan - Langkah Budidaya Bawang Bombai



Semestinya tanaman-tanaman semacamnya, bawang Bombay juga memerlukan langkah budidaya yang pas sebelumnya sanggup membuahkan komoditi bawang berkualitas dengan jumlah produksi yang tinggi.
  • Prasyarat Tumbuh Bawang Bombay 
Hal pertama yang perlu dipikirkan ketika bakal menanam bawang Bombay ialah wacana prasyarat tumbuhnya. Tempat terbaik untuk bercocok tanam bawang Bombay ialah kawasan dengan hawa sejuk. Suhu paling ideal untuk tumbuhan ini ialah 18 hingga 20 derajat Celsius. Rentang suhu ini, di Indonesia, biasanya ada pada kawasan dengan ketinggian 800 hingga 100 mtr. dpl.

Terkecuali suhu, pikirkan juga apakah tempat tanam cukup terbuka untuk terima cahaya matahari , karena tumbuhan bawang Bombay bakal tumbuh subur kalau memperoleh sinar yang cukup.

Hal setelah itu berkaitan dengan keadaan tanah yang bakal jadikan media penanaman. Persyaratan tanah yang baik untuk bawang Bombay diantaranya ialah tanah gembur, mempunyai kandungan humus dalam jumlah besar, dan subur
  • Langkah Tanam Bawang Bombay 
Pelajaran selanjutnya dari tehnik budidaya bawang Bombay ialah wacana langkah tanam yang benar.
  • Saat tanam mesti diperhatikan 
Waktu terbagus untuk mulai menanam bawang Bombay ialah waktu kemarau. Walau demikian, ekspresi dominan yang kering ini mesti disertai dengan pinjaman air yang cukup , karena pada awal pertumbuhannya, bawang Bombay membutuhkan air dalam jumlah banyak.

  • Pembibitan bawang Bombay 
Ada dua langkah penanaman yang sanggup diambil, yakni menanam biji atau umbi. Di Indonesia, biasanya orang lebih pilih menanam umbi, karena lebih simpel di cari walau harga nya relatif lebih mahal.
  • Penyiapan tanah 
Biji atau umbi bawang baiknya ditanam pada tempat gembur yang sudah di buat jadi bedengan-bedengan dengan tinggi meraih 10-15 cm. serta lebar satu mtr.. Buat peneduh menciptakan proteksi bedengan/persemaian. Kerjakan pemrosesan tanah (penggemburan tanah dan pembuatan bedengan) 2 ahad atau satu bulan sebelumnya bibit ditanam. Sekitaran 1 ahad pra penanaman, kerjakan pemupukan. Pakai pupuk kompos atau sangkar yang sudah tua.

Pemupukan susulan dikerjakan dua tiga hari sebelumnya bibit ditanam , dengan menggunakan pupuk buatan.


  • Langkah menanam 
Langkah menanam melalui biji mesti dengan diawali penyemaian. Sedang kalau umbi yang diambil sebagai bibit, jadi butuh dibuatkan lubang untuk membenamkan beberapa umbi. Sebelumnya ditanam (sekurang-kurangnya satu hari terlebih dulu), potong ujung umbi serta keringkan. Cermati jarak tanam antar umbi ; idealnya, umbi bawang Bombay ditanam dengan jarak 25-40 cm. antar baris , serta 10-40 cm. antar umbi dalam satu barisan.
  • Pemeliharaan Tanaman Bawang Bombay 
Sebelumnya serta waktu bibit mulai berkembang serta daun bawang Bombay mulai bermunculan hingga waktu panen tiba, pemeliharaan harus dikerjakan dengan benar. Unsur pemeliharaan tumbuhan bawang Bombay meliputi beberapa poin utama , yakni penyiraman, penyiangan, dan pemberantasan penyakit serta hama yang bakal mengganggu perkembangan bawang bawang Bombay.

Untuk Update Info Harga Waring Sayur Klik Disini

Penyiraman sebaiknya dikerjakan dengan teratur. Saat perkembangan gres diawali, tumbuhan memerlukan air yang semakin banyak. Bersamaan menambahnya usia tanaman, pengairan sanggup dikerjakan dalam kurun ketika yang tidaklah terlalu kerap, karena keperluan bakal air juga menyusut.

Untuk penyiangan, kerjakan ketika umur pohon mencapai tiga ahad , kerjakan kembali enam ahad sesudahnya. Aktivitas ini mesti dikerjakan dengan hati-hati biar tak menjadikan kerusakan tanaman

Paling akhir, pengendalian penyakit serta hama dengan penyemprotan pestisida. Kerjakan 7 hingga 10 hari sekali untuk menghindar datangnya hama serta/atau penyakit.

Baca Juga: Langkah Budidaya Ikan Kakap

Lim Corporation menyediakan waring sayur untuk pengepakan sayuran pasca panen. Siap kirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Untuk gosip pemesanan sanggup pribadi Hub 087702821277 | 085233925564 | 081232584950. limcorporation2009@gmail.com

Komentar