Pertanian & Perikanan - Cara Sempurna Budidaya Ikan Mas Di Jaring Apung Semoga Hasil Melimpah



Ikan mas atau sering disebut Ikan karper (Cyprinus carpio) merupakan ikan air tawar yang mempunyai nilai irit tinggi serta sudah tersebar luas di Indonesia.Ikan mas tergolong dalam ikan yang cukup gampang dibudidayakan dengan memakai media jaring apung

Budidaya ikan mas dibagi menjadi 2 yaitu pembesaran serta pembibitan.Pembesaran ikan mas ditujukan untuk tujuan konsumsi serta kebutuhan pasar, sedangkan pembenihan ditujukan untuk menghasilkan bibit ikan mas untuk budidaya pembesaran ikan mas.
Ikan mas sanggup dibudidayakan di daerah yang bersuhu sedang dengan pH air berkisar 7 hingga 8. Berikut merupakan cara untuk budidaya ikan mas di jaring apung biar hasil panen melimpah.
*Baca juga : Cara Praktis Budidaya Sawi Hidroponik Supaya Hasil Panen Lebih Optimal

Langkah-langkah budidaya ikan mas:

Pemilihan bibit ikan mas
Hal Pertama yaitu menentukan bibit ikan mas.Untuk hasil maksimal bibit ikan mas diusahakan merupakan bibit ikan unggulan yang berukuran 10-12 cm atau berbobot berkisar 80-100 gram per ekor.Jika anda membeli bibit ikan mas, usahakan anda menentukan bibit ikan yang mempunyai kualitas unggul serta tahan penyakit

Pemilihan daerah dan pembuatan jaring apung
Budidaya ikan mas di jaring apung sanggup dilakukan di lokasi danau atau waduk dengan sumber air higienis serta terbebas dari pencemaran maupun limbah.Air mempunyai kadar pH berkisar antara 7-8. Jaring apung dibentuk menggantung pada kerangka rakit yang berbentuk persegi empat.Kedalaman jaring apung maksimal yaitu 3 meter. Gunakan bambu sebagai materi kerangka rakit.Kerangka tersebut mengapung di atas air dengan memakai alas dari drum bekas.

Yang harus diperhatikan ketika budidaya ikan mas di jaring apung:
  • Kapasitas padat tebar jaring apung sekitar 30 ekor/m2.
  • Pakan berupa pelet dengan kadar protein 25%.
  • Jumlah pakan yang diharapkan setiap hari yakni 4% dari bobot badan ikan.Semakin besar badan ikan mas maka jumlah pakan juga ikut ditambah mengikuti bobot ikan. 
  • Frekuensi pertolongan pakan 3 kali sehari.
  • Cek secara terpola terhadap serangan penyakit serta hama.
  • Lama pembesaran ikan mas berkisar 2-3 bulan.
Perawatan Ikan mas
Perawatan ikan mas bertujuan untuk mengurangi maut ikan.Jaring apung harus sering di cek apakah ada hama penggangu atau tidak. Hama ikan mas terdiri dari linsang, ular, kodok, biawak, burung, hingga organisme kecil ibarat larva, kutu, dan jenis serangga lainnya. Lakukan juga pengecekan penyakit yang biasa menyerang ikan mas secara rutin.
*Baca Juga : Tips Jitu Budidaya Kacang Tanah Dengan Hasil Melimpah

Panen  Ikan Mas
Waktu yang diharapkan untuk budidaya ikan mas dari ukuran 100 gram per ekor, hingga ukuran siap konsumsi sekitar 2-3 bulan. Ikan mas sanggup dipanen pada kisaran 300-400 gram per ekor.Saat pemanenan usahakan tidak merusak kondisi fisik ikan karna sanggup menurunkan kualitas serta harganya nanti ketika dijual.

Selamat Mencoba...

Komentar