Pertanian & Perikanan - Cara Sempurna Budidaya Alpukat

Syarat tumbuh
Alpukat atau Apokat dapat dibudidayakan pada iklim tropis yang mempunyai curah hujan minimum 750-1000 mm/tahun serta suhu optimal untuk pertumbuhan alpukat berkisar antara 12,8-28,3 Celcius. Alpukat memerlukan penyinaran cahaya matahari untuk pertumbuhan berkisar 40-80 %. Tumbuhan alpukat akan tumbuh subur dengan hasil yang memuaskan pada ketinggian 200-1000 meter diatas permukaan laut.

Media Tanam
Tanaman alpukat biar tumbuh optimal memerlukan tanah gembur, tidak gampang tergenang air, subur serta banyak mengandung materi organik. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan alpukat ialah jenis tanah lempung berpasir, lempung liat serta lempung endapan. Tanah untuk budidaya alpukat juga harus mempunyai kadar keasaman tanah (pH)  berkisar antara (5,6-6,4). Tanah juga harus terbebas dari zat kimia berbahaya serta hama penggangu.
*Baca Juga : Budidaya Tanaman Air Yang Simple

Pemilihan bibit
Bibit harus berasal dari indukkan yang unggul, sehat, tahan serangan hama penyakit, serta bisa berbuah banyak. Bibit alpukat sanggup diperoleh secara generatif (melalui biji) maupun secara vegetatif (penyambungan pucuk/enten & penyambungan mata/okulasi). Bibit yang diperoleh dari biji kurang menguntungkan, dikarenakan tumbuhan akan usang berbuah (6-8 tahun) serta terdapat kemungkinan buah yang dihasilkan berbeda dengan induknya. Sedangkan bibit hasil okulasi maupun enten lebih cepat berbuah (1-4 tahun) serta buah yang dihasilkan mempunyai sifat yang sama dengan induknya. Namun kalau tidak ingin repot membibitkannya, bibit yang sudah siap tanam sanggup dibeli di toko bibit setempat. Hal yang perlu diperhatikan ketika pemilihan bibit yaitu pilih bibit yang sehat bebas dari hama dan penyakit, mempunyai daun yang segar tidak layu, serta mempunyai sifat unggul.

Pengolahan Media Tanam
Lahan untuk budidaya alpukat harus diolah dengan baik serta harus dibersihkan dari semak belukar, gulma/rumput liar, serta batu-batu yang mengganggu. Selanjutnya lahan digemburkan dengan cara dicangkul maupun dibajak memakai traktor. Pengerjaan lahan sebaiknya dilakukan ketika demam isu kemarau, sehingga penanaman nantinya sanggup dilakukan pada awal atau ketika demam isu hujan.

Persiapan Penanaman
  • Sebelum menanam bibit, buat dahulu lubang tanam di lahan.
  • Tanah digali dengan ukuran panjang, lebar, & tinggi masing-masing 75 cm. Biarkan lubang tanam tadi terbuka selama kurang lebih 2 minggu.
  • Tanah bab atas serta bawah dipisahkan.
  • Lubang tanam ditutup kembali dengan posisi menyerupai semula. Tanah bab atas dicampur dahulu dengan 20 kg pupuk sangkar sebelum dimasukkan ke dalam lubang.
  • Lubang tanam yang telah tertutup diberi ajir sebagai penanda untuk mengingat letak lubang tanam.
Penanaman
Waktu penanaman yang baik yaitu pada awal demam isu hujan. Hal yang perlu diperhatikan ialah tanah yang ada dalam lubang tanam harus lebih tinggi dari tanah sekitarnya. Hal ini untuk menghindari genangan air bila disirami atau turun hujan. Langkah-langkah penanaman ialah sebagai berikut:
  • Lubang tanam yang tertutup tadi digali lagi dengan ukuran sebesar wadah bibit.
  • Keluarkan bibit dari polybag dengan cara disobek, biar media tanah dalam polybag tetap utuh.
  • Bibit beserta tanah dari media polybag dimasukkan dalam lubang setinggi leher batang, kemudian ditimbun serta  padatkan tanah biar tumbuhan tidak gampang roboh, kemudian ikatkan tumbuhan ke ajir.
  • Setiap bibit sebaiknya diberi naungan untuk menghindari sinar matahari secara langsung, terpaan angin, maupun air hujan. 
Pemeliharaan Tanaman
Penyiangan
Lakukan penyiangan dengan cara mencabut gulma serta rumput liar yang berada di sekitar tanaman. Penyiangan sanggup dilakukan secara rutin atau kalau pertumbuhan gulma sudah terlalu banyak.

Pemangkasan Tanaman
Pemangkasan hanya dilakukan pada cabang-cabang yang tumbuh terlalu rapat atau ranting-ranting yang mati. Lakukan pemangkasan secara hati-hati supaya tidak merusak tanaman. Luka bekas pemangkasan sebaiknya diberi fungisida/penutup luka biar terhindar dari jerawat penyakit.

Penggemburan Tanah
Tanah yang setiap hari disiram tentu saja akan semakin padat & udara di dalamnya semakin sedikit. Akibatnya akar tumbuhan kesulitan menyerap unsur hara. Maka dari itu, tanah di sekitar tumbuhan perlu digemburkan. Pengemburan tanah dilakukan secara hati-hati biar akar tidak putus.
*Baca Juga : Inilah Cara Tepat Budidaya Nanas

Penyiraman
Bibit yang gres ditanam memerlukan banyak air, sehingga penyiraman perlu dilakukan setiap hari. Waktu yang sempurna untuk menyiram ialah pagi maupun sore hari kalau ada hujan, maka tidak perlu disiram lagi.

Pemupukan
Lakukan pemupukan secara teratur Mengingat sistem akar tumbuhan alpukat, khususnya akar rambutnya, dan pertumbuhan hanya sedikit kurang luas, pupuk harus diberikan agak sering dengan takaran kecil. Jumlah pupuk yang diberikan tergantung pada umur tanaman.


Hama Dan Penyakit
-Hama
  • Ulat kipat (Cricula trisfenestrata Helf). Pengendalian: ambil serta kumpulkan kemudian dibakar atau semprot insektisida yang mengandung materi aktif monokrotofos sesuai anjuran.
  • Ulat kupu-kupu gajah (Attacus atlas L). Pengendalian : ambil serta kumpulkan kemudian dibakar atau semprot insektisida sesuai anjuran.
-Penyakit
  • Antraknosa. Pengendalian : Pemangkasan ranting dan cabang yang mati serta sanggup juga disemprot dengan fungisida sesuai anjuran.
  • Bercak daun atau bercak cokelat. Pengendalian : Penyemprotan fungisida Masalgin 50 WP yang mengandung benomyl, dengan takaran 1-2 gram/liter sesuai anjuran.
Panen
Ciri-ciri buah yang akan dipanen ialah:
  • Warna kulit bau tanah tetapi belum berwarna cokelat/merah serta tidak mengkilap
  • Bila buah diketuk, maka berbunyi nyaring
  • Jika buah di goyang-goyang, akan terdengar goncangan biji.
Alpukat yang bau tanah serta siap panen biasanya berumur 6-7 bulan sejak tumbuhan alpukat berbunga. Untuk memastikannya, petik beberapa buah untuk diperiksa. Jika buah dirasa sudah masak dengan baik, tandanya buah tersebut telah bau tanah serta siap dipanen. Saat memanen buah, jangan merusak kondisi buah alasannya ialah sanggup menurunkan harga serta kualitasnya.

Selamat Mencoba....

Komentar