Pertanian & Perikanan - Inilah Cara Sempurna Budidaya Nanas

Syarat Tumbuh
Tanaman nanas sanggup tumbuh pada kondisi iklim berair atau kering. Secara umum, tumbuhan nanas toleran terhadap kekeringan serta cocok dibudidayakan di tempat dengan curah hujan berkisar 1000-1500 mm/tahun.Tanaman nanas sanggup tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari rata-rata 33-71% kontinuitas maksimal, dengan tingkat tahunan rata-rata 2.000 jam. Suhu yang sesuai untuk budidaya nanas ialah 23-32°Celcius. Nanas lebih cocok dibudidayakan di dataran rendah dibanding di dataran tinggi.
*Baca Juga : Trik Ampuh Budidaya Buah Nangka Yang Dijamin Mujarab



Media Tanam
Jenis tanah yang cocok untuk tumbuhan nanas ialah jenis tanah yang mengandung pasir, gembur, subur, serta tinggi akan materi organik. Memiliki kadar kapur yang rendah. Memiliki kadar keasaman tanah berkisar antara pH 4,5-6,5 serta bebas dari hama.

Tahap-Tahap Budidaya Nanas
Pembibitan
Nanas sanggup dikembangbiakan dengan cara vegetatif maupun generatif. Cara vegetatif ialah memakai tunas akar, tunas batang, tunas buah, mahkota buah serta stek batang. Cara generatif yaitu dengan memakai biji yang ditumbuhkan dengan persemaian. Bibit yang baik harus berasal dari indukan yang pertumbuhannya normal, unggul, mempunyai daun yang nampak tebal penuh berisi, tahan hama serta penyakit, gampang diperoleh dalam jumlah banyak, pertumbuhan relatif seragam serta gampang dalam pengangkutan. Artikel ini akan membahas budidaya nanas dengan memakai bibit  tunas batang.

Penyiapan Bibit tunas batang
Pilih tunas batang pada pohon induk yang sedang berbuah/setelah panen. Tunas batang yang baik mempunyai panjang 30-35 cm. Daun bersahabat pangkal pohon dipotong untuk mengurangi penguapan serta mempermudah pengangkutan bibit, sesudah itu semai bibit dalam polybag serta biarkan di tempat teduh. Jika bibit sudah tumbuh, maka siap angkut ke tempat penanaman pribadi segera ditanam.

Pengolahan Media Tanam
Waktu persiapan serta pembukaan lahan yang paling baik ialah disaat waktu ekspresi dominan kemarau. Sedangkan pengolahan tanah sanggup dilakukan pada awal ekspresi dominan hujan. Kadar keasaman tanah juga perlu diperhatikan alasannya tumbuhan nanas sanggup tumbuh dengan baik pada pH sekitar 5,5. Kemudian buang serta bersihkan batu-batuan dari sekitar lahan kebun ke tempat penampungan limbah pertanian. Tanah lalu dicangkul/dibajak dengan traktor sedalam 30-40 cm sampai gembur. Biarkan tanah minimal selama 15 hari supaya kering semoga tanah benar-benar matang serta siap ditanami.

Bedengan sanggup dibentuk bersamaan dengan pengolahan tanah untuk kedua kalinya. Buat bedengan dengan lebar berkisar antara 80-120 cm, jarak antar bedengan berkisar 90-150 cm dengan tinggi bedengan ialah antara 30-40 cm.

Pemupukan
Pemupukan ditujukan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Cara donasi pupuk yaitu dicampurkan merata dengan lapisan tanah atas atau dimasukkan per lubang tanam. Juga dipakai pupuk anorganik NPK dan urea. Nitrogen (N) sangat dibutuhkan guna pertumbuhan tanaman, fosfor dibutuhkan selama beberapa bulan di awal pertumbuhan, sedangkan kalium dibutuhkan untuk perkembangan buah nanas. Sedangkan pupuk urea penggunaannya dikombinasikan dengan perangsang pertumbuhan bunga supaya tumbuhan cepat berbunga.
*Baca Juga12 Jenis Hama yang Sering Menyerang Tanaman Hias Serta Cara Pengendaliannya

Cara Penanaman
Penanaman yang baik sanggup dilakukan pada permulaan ekspresi dominan hujan.
Langkah-langkah yang dilakukan:
  • Buat lubang tanam dengan ukuran lubang tanam berkisar 30 x 30 x 30 cm.
  • Pilih bibit nanas yang sehat lalu tanam bibit pada lubang tanam yang tersedia, masing-masing satu bibit per lubang tanam.
  • Bibit ditanaman sedalam 3-5 cm dengan kepingan pangkal batang tertimbun tanah.
  • Tanah ditekan/dipadatkan di sekitar pangkal batang bibit nanas semoga tidak gampang roboh serta akar tumbuhan sanggup kontak pribadi dengan air tanah.
  • Lakukan penyiraman sampai tanah lembab dan basah.
Pemeliharaan Tanaman Nanas
Pemeliharaan tumbuhan nanas mencakup beberapa hal, hal yang harus diperhatikan antara lain:
  • Penyulaman nanas dilakukan pada bibit nanas tidak tumbuh alasannya kesalahan teknis penanaman, faktor bibit serta pada bibit nanas yang terjangkit penyakit..
  • Penyiangan dilakukan untuk membersihkan kebun nanas dari rumput liar serta gulma. Waktu penyiangan tergantung dari pertumbuhan gulma di kebun, namun untuk menghemat biaya penyiangan sanggup dilakukan bersamaan dengan acara pemupukan.
  • Pembubunan dilakukan pada tepi bedengan yang seringkali longsor ketika diairi. Pembubunan sebaiknya mengambil tanah dari parit di sekeliling bedengan, semoga bedengan menjadi lebih tinggi dan parit menjadi lebih dalam, sehingga drainase menjadi normal kembali. 
  • Pemupukan sanggup dilakukan sesudah tumbuhan berusia 2-3 bulan dengan memakai pupuk buatan. Pemupukan susulan berikutnya sanggup diulang tiap 3-4 bulan sekali sampai tumbuhan berbunga serta berbuah. Cara donasi pupuk yaitu dengan dibenamkan ke dalam parit sedalam 10-15 cm diantara barisan tumbuhan nanas, lalu tutup dengan tanah. Atau dengan disemprotkan ke daun memakai pupuk Nitrogen dengan takaran 40 gram Urea per liter atau ± 900 liter larutan urea per hektar.
  • Pengairan serta penyiraman sanggup dilakukan walaupun tumbuhan nanas tahan terhadap iklim kering. Pengairan /penyiraman sanggup dilakukan 1-2 kali dalam seminggu atau tergantung keadaan cuaca. Tanaman nanas remaja masih perlu pengairan untuk merangsang pertumbuhan bunga serta pembuahan secara optimal. Pengairan dilakukan 2 ahad sekali. Waktu pengairan yang paling baik ialah ketika sore serta pagi hari.
Panen
Nanas sanggup dipanen sesudah berumur 12-24 bulan, tergantung dari jenis bibit yang digunakan. Ciri-ciri nanas yang siap dipanen yaitu mahkota buah terbuka, mata buah lebih mendatar besar & bentuknya bulat, warna kepingan dasar buah kuning,serta timbul aroma buah nanas yang harum & khas.
Cara memanen buah nanas yaitu dengan menentukan buah nanas yang mengatakan gejala siap panen. Pangkal tangkai buah dipotong secara mendatar/miring memakai pisau tajam & steril. Pemanenan dilakukan secara hati-hati supaya tidak merusak kondisi buah, alasannya kalau kondisinya jelek, maka akan menurunkan kualitas serta harga jualnya nanti.

Selamat mencoba.....

Komentar