Pertanian & Perikanan - Tips Jitu Budidaya Ikan Lele Di Bak Terpal


Persiapan kolam terpal
  • Pilih lokasi beternak lele yang strategis serta mempunyai sumber air yang tidak tercemar
  • Buat kolam terpal yang berukuran 3 x 5 x 1 m dengan kedalaman 1 meter atau diubahsuaikan kondisi daerah serta kebutuhan. 
  • Jumlah kolam yang dibentuk diubahsuaikan dengan kebutuhan serta dana 
  • Persiapkan peralatan ibarat bejana plastik, seser, serta tes kit kualitas air untuk membantu dalam budidaya ikan lele.
Pemilihan Benih
Benih ikan lele harus berasal dari indukan yang unggul, sehat serta tahan penyakit. Benih lele yang biasanya digunakan dalam budidaya di kolam terpal berukuran 8-10 cm .

*Baca Juga : Cara Tepat Budidaya Ikan Dalam Keramba Agar Hasil Lebih Optimal

Penebaran Benih
Tak jarang, benih ikan lele yang gres ditebar kedalam kolam terpal mati semua, ini disebabkan lantaran terpal yang gres masih mengeluarkan amis plastik yang mencemari air, sehingga meracuni benih. Maka dari itu, pastikan amis yang menyengat tersebut telah hilang sebelum benih lele ditebar.

Caranya yaitu dengan mencuci terpal sampai baunya hilang, atau sanggup juga dengan cara mendiamkan kolam terpal tergenang air selama 2 minggu. Kemudian kuras habis air tadi, kemudian isi dengan air gres yang higienis sampai mencapai ketinggian 80 cm. Setelah kolam terpal sudah dipastikan siap pakai, gres masukkan benih lele yang kedalam kolam terpal sebanyak 100 – 200 ekor/m

Pemberian pakan
Pakan yang diberikan pada ikan lele yang dibudidayakan biasanya berupa pelet ikan. Yang menjadi perhatian ialah, dukungan pakan harus sesuai dengan porsi nya. Pemberian pakan yang berlebihan sanggup menjadikan kolam serta air menjadi kotor. Pemberian pakan sanggup dilakukan 3 sampai 6 kali sehari. Pakan pelet harus mempunyai kandungan nutrisi berupa protein 30 – 32% serta pakan yang diberikan harus sebanyak 3 – 4% dari berat lele 

Pemeliharaan Lele
Perhatikan selalu kondisi air dalam kolam budidaya. Jika air dala kolam dirasa telah kotor, segera ganti air dalam kolam dengan air yang gres secara bertahap. Ini dilakukan semoga ikan tidak stress lantaran perbedaan suhu air dikala pergantian air. Periksa juga kondisi ikan, apakah ada ikan yang terserang penyakit atau tidak. Cek juga kondisi kolam terpal yang digunakan apakah ada yang jebol, rusak atau sobek.

Tambahkan pro biotik kedalam air sesuai dengan takaran yang telah ditetapkan melalui pakan. Cara ternak lele dengan mengunakan pro biotik bertujuan mempercepat pertumbuhan benih, mengurangi jumlah konsumsi pakan, serta menurunkan tingkat janjkematian lele.

Hama Serta Penyakit
Hama ikan lele biasanya merupakan binatang yang memakan ikan lele. Hama yang biasanya menyerang lele di kolam terpal musang serta kucing. Penanganan nya sanggup dengan rajin memantau kolam ikan.

Penyakit ikan lele yang biasa menyerang disebabkan lantaran jerawat yang disebabkan jamur, protozoa, basil dan virus. Penyakit ikan lele diantaranya :

♦ Penyakit bintik putih (white spot), penyebabnya adalah protozoa dari jenis Ichthyphyhirius multifillis. 
Pengendalian:
merendam ikan lele dalam larutan formalin 40 ppm selama 12-24 jam.

♦ Serangan basil Aeromonas hydrophila. Bakteri ini mengakibatkan perut ikan menggembung
Pengendalian:
Pada dikala mengganti air kolam, tambahkan garam dapur.

*Baca Juga : Cara Tepat & Mudah Budidaya Udang Vaname


♦ Penyakit Cotton wall disease, penyebabnya basil Flexibacter Columnaris.
Pengendalian:
Merendam ikan dalam larutan OTC dengan takaran 3-5 ppm selama 12-24 jam. 

Penyakit Channel catfish virus (CCV). Virus ini tergolong kedalam virus herpes. 
Penanganan:
Meningkatkan kebersihan kolam dengan mengganti air kolam sampai ikan terlihat pulih.

♦ Penyakit kuning (Jaundice), penyakit ini jawaban dari kesalahan nutrisi pakan. 
Pengendalian:
Beri nutrisi sesuai dengan takaran serta kebutuhan ikan.

♦ Pecah usus atau Ruptured Intestine Syndrome (RIS), penyebabnya adalah dukungan pakan yang berlebihan. 
Pengendalian:
Beri pakan ikan sebanyak 3 – 4% dari berat lele serta jangan berlebihan.

♦ Kekurangan vitamin, penyebabnya pakan ikan lele kurang kandungan vitamin. Kasus kekurangan vitamin yang paling sering pada ikan lele adalah kekurangan vitamin C.
Penanganan:
Beri vitamin mix yang banyak dijual di pasar. 

♦ Penyakit keracunan, ini disebabkan lantaran faktor lingkungan ibarat air yang terkontaminasi pestisida, atau jawaban kimia industri lainnya.
penanganan:
Ganti air kolam ikan secara rutin serta pastikan air yang digunakan untuk mengisi tidak terkontaminasi limbah/sampah. 

Panen
Pemanenan lele sanggup dilakukan sehabis pemeliharaan ikan selama kurang lebih 2 bulan sejak benih di tebar di kolam terpal.

Kami CV Lim Corporation menyediakan Waring ikan berkualitas. Untuk isu harga Waring ikan ter update kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA)

Komentar