Pertanian & Perikanan - Cara Biar Buah Kelengkeng Berbuah Lebat


 Buah kelengkeng merupakan salah satu buah favorit untuk ditanam di halaman rumah.
Pohon lengkeng sanggup mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada kepingan aksialnya. Tangkai daun 1–20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm.

* Berikut yaitu jenis-jenis Kelengkeng yang gampang berbuah :
  Kelengkeng Gading
  Diamond River
  Pingpong
  Phuangray
  Aroma durian

cara yang sering dipakai untuk mengembangbiakkan pohon kelengkeng ialah dengan teknik mencangkok, alasannya selain sanggup lebih cepat berbuah, juga tumbuhan hasil cangkokan akan mewarisi sifat-sifat dari induknya. Kaprikornus alternatifnya kita sanggup menentukan indukan pohon kelengkeng dengan kualitas manis untuk dicangkok.

^^Adapun yang harus kita ketahui perihal beberapa hal seputar pohon kelengkeng sebelum memulai pencangkokan , antara lain :

* Karakteristik Lahan Yang Bagus Untuk Pohon Kelengkeng.
Pohon kelengkeng intinya sanggup tumbuh subur di tempat dataran tinggi maupun dataran rendah. Namun, kalau ingin mendapat hasil yang optimal maka pohon kelengkeng sangat dianjurkan di tanam di tempat dengan ketinggian 400-1200 mdpl.
Pohon kelengkeng sangat pas bia ditanam di tanah andosol, laktosol, grumosl atau tanah lempung yang sedikit berpasir. Sedangkan untuk kelembaban dan suhu udara  yang ideal sekitar 50-70% dan 27-32 derajat celcius.

* lahan untuk pohon kelengkeng.
Adapun pasokan sinar matahari harus memadai alasannya ini merupakan kebutuhan penting bagi pohon kelengkeng untuk melaksanakan fotosintesis dan merangsang supaya sanggup berbuah lebat.Faktor yang tidak kalah penting sebagai kriteria media tanam yang baik untuk pohon kelengkeng yaitu kadar pH dalam tanah haruslah berada dalam kisaran 5.0 – 6.6.

* Cara Memilih Pohon Kelengkeng Unggulan Untuk Dicangkok

^^ Sesudah memahami media tanam yang cocok bagi pohon kelengkeng, langkah berikut kita sanggup mulai menentukan pohon indukan kelengkeng dengan kriteria menyerupai berikut ini :

* pemilihan bibit unggul.
Pastikan bahwa pohon indukan yang dipilih mempunyai riwayat  sanggup berbuah sepanjang demam isu dengan kualitas buah yang bagus.Pastikan usia pohon yang hendak di cangkok sudah lebih dari 1.5 tahun. Pastikan dalam menentukan dahan seharusnya dalam kondisi manis dan tidak cacat. Perhatikan daun pada dahan yang hendak dicangkok haruslah rimbun. Pilihlah batang atau dahan yang kokoh dan kuat.


Baca Juga : Jual Karung Beras Putih Polos, Transparan & Laminasi

^^ Proses Mencangkok Pohon Kelengkeng

    Pertama, siapkan alat dan materi yang nanti akan dipakai dalam proses pencangkokan. Alat dan materi meliputi tali rafia, pisau, plastik tebal dan air serta tanah humus yang telah dicampur dengan pupuk kandang.
    Kemudian kita pilih dahan atau ranting yang berpengaruh dan lurus serta mempunyai daun yang lebat.
    Jika telah menjumpai dahan yang tepat, hilangkan kulit atau kambium dari dahan kelengkeng dengan panjang sekitar 10 cm. Sedangkan jarak antara potongan hingga dengan ujung daun setidaknya lebih dari 50 cm.
    Setelah itu biarkan kambium yang sudah terbuka selama 1 hari supaya lendir yang masih melekat benar-benar kering.
    Sebelum melapis dahan yang sudah di kupas kambiumnya dengan tanah , Basahi dahan dengan air higienis terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran sisa yang menempel.
    Setelah itu pasangkan plastik untuk pembungkus kambium yang dikelupas dan kita isi dalamnya dengan tanah humus yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.
    Setelah di isi dengan tanah, barulah ikat dengan tali rafia secara kencang supaya tidak ada air yang sanggup masuk. Sebab bila tidak diikat dengan kencang sanggup menciptakan air hujan masuk yang sanggup mengakibatkan pembusukan.
    Hal terakhir yang harus dilakukan ialah selalu menjaga tingkat kelembabannya jangan hingga tanahnya mengering hingga keras.

Keberhasilan proses pencangkokan ditengarai dengan terlihatnya akar yang keluar dari dahan yang dibungkus. Apabila akar-akar tersebut sudah mulai nampak keluar dan banyak maka pada dikala itulah dahan sanggup mulai kita potong dan ditanam.

^^ Cara Merawat Bibit Cangkok Kelengkeng Yang Telah Di Tanam

   * Penyiangan
Adapun perawatan yang berkhasiat bagi tumbuhan yang kita tanam supaya terbebas dari flora benalu menyerupai rumput liar dan lain sebagainya. Apabila menenumakan rumput liar di sekitar pohon kelengkeng sebaiknya segera mencabut supaya tidak sanggup tumbuh lagi.
    Sebab bila terdapat flora benalu di sekitar pohon kelengkeng, hal itu sanggup mengurangi unsur hara dalam tanah dan sanggup menghambat pertumbuhan bibit yang kita tanam. Contoh batangnya akan menjadi kurus, daunnya berwarna pucat hingga lama-kelamaan sanggup mati.
   
   * Penggemburan Tanah
 Penggemburan tanah boleh dilakukan dengan teknik mencangkul ataupun sanggup juga memakai alat lain menyerupai cetok dan lain-lain. Dengan impian supaya air hujan ataupun air dari penyiraman sanggup masuk ke dalam tanah sehingga sanggup mempercepat proses pembentukan daun, batang, bunga dan buah.

   * penggemburan lahan kelengkeng
Tujuan dari perampelan dan pemangkasan itu sendiri yakni untuk membuka kanopi sehingga sanggup mempercepat pertumbuhan dan pembuahan dan juga untuk meningkatkan produktivitas pohon. Pemangkasan pertama sanggup dilakukan dikala pohon kelengkeng berumur 4 bulan. Pemangkasan ini sanggup terus dilakukan dengan batas jarak 1 tahun sekali.
   
   * Meningkatkan kualitas dan kualitas kelengkeng
 Pemberian hormon giberelin dalam jumlah yang cukup sanggup meningkatkan produktivitas buah hingga dua kali lipat. Dan juga sanggup meningkatkan kualitas buah kelengkeng dengan proses pembentukan bunga dan buah lebih cepat.
  
    * Pemupukan
Selain beberapa perawatan di atas, ada satu lagi yang tidak kalah penting yaitu dukungan pupuk organik supaya pertumbuhan tumbuhan tetap terjaga. Adapun dukungan pupuk sebaiknya dari materi yang alami saja menyerupai pupuk sangkar ataupun pupuk kompos. Untuk satu pohon kelengkeng yang sudah sampaumur membutuhkan 2.5 kilogram pupuk alami dan diberi setiap 2 bulan sekali.







 Baca Juga : Cara Menanam Bunga Anggrek



 Demikian Pembahasan Artikel Tentang " Cara Agar Buah Kelengkeng Berbuah Lebat ". Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami. Semoga Bermanfaat...

Komentar