Pertanian & Perikanan - Cara Budidaya Ikan Kakap


Ikan Kakap merupakan ikan perairan peralihan, ikan ini sanggup hidup di perairan air laut, air payau, atau air tawar. Terdapat berebagai jenis ikan kakap diantaranya:
*Ikan kakap merah, yaitu ikan kakap yang mempunyai bentuk memanjang serta agak pipih dan sanggup hidup di kawasan berperairan dangkal.
*Ikan Kakap putih, warna ikan ini didominasi warna putih dan ada warna perak di bab perut.

Pemberian PakanIkan kakap merupakan salah satu ikan karnivora yang memangsa makhluk hidup lebih kecil darinya. Oleh alasannya yakni itu, pertolongan makan ikan kakap sanggup dilakukan dengan menunjukkan ikan rucah atau ikan teri. Ikan kakap tentu memakan makhluk kecil darinya menyerupai plankton, cumi – cumi, udang, dan ikan kecil lainnya. Ikan kakap mempunyai ketahanan dalam mencerna protein dalam jumlah besar dibandingkan ikan lainnya. Jangan pernah menunjukkan makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat maupun serat alasannya yakni hal itu sanggup mempengaruhi pencernaan ikan. Ikan kakap sanggup juga dikasih makan pelet walaupun ikan yang diberi makan secara alami cenderung lebih nikmat dagingnya dibanding yang makan pelet.

* Baca Juga : Cara Budidaya Bengkoang Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

*Ikan kakap mempunyai aneka macam Manfaat dan Khasiat  untuk Kesehatan, diantaranya  :
1.  Sebagai Obat Mencegah Kanker
2.  Meningkatkan Kesehatan Tulang
3.  Meningkatkan Kesehatan Mata
4.  Mencegah Batu Ginjal
5.  Menurunkan Hipertensi
6.  Mencegah Terkena Stroke
7.  Mencegah Aterosklerosis
8.  Menurunkan Kadar Lemak Berlebih Pada Darah
11. Sebagai Antioksidan12
13. Makanan Alternatif Diet Ketat
14. Menetralisir Asam Lambung yang Sedang Naik
15. Menambah Kadar HB Agar Stabil
16. Obat Batuk Kering
17. Obat Edema Kulit
18. Terapi Stroke Total
19. Mengurangi Resiko Serangan Jantung Koroner
20. Mengatur Kadar Gula Darah Agar Normal
21. Menghilangkan Morning Sickness pada Ibu Hamil
22. Menguatkan Rahim dan Janin Agar Tidak Sakit
23. Mencerdaskan Otak Anak
24. Menghilangkan Nyeri Asam Urat atau Gout
25. Atasi Sakit Kepala Sebelah

Cara Budidaya Ikan Kakap :

A. Pemilihan Lokasi Pemeliharan Ikan Kakap

Pemilihan lokasi pemeliharan salah satu faktor penting dalam melaksanakan budidaya ikan kakap ini. Ikan kakap menyerupai diketahui mempunyai toleransi terhadap salinitas yang cukup tinggi yang berarti ikan kakap sanggup dipelihara di segala tipe perairan. Budidaya ikan kakap sanggup dilakukan di kolam, tambak, atau pinggir pantai dengan mencermati kualitas airnya. Karena ikan kakap merupakan jenis ikan tropis, sesudah mempunyai tempat budidaya berupa kolam maka pastikan bahwa suhu kolam ideal yaitu sekitar 27°C-32°C dan pastikan selalu kolam tidak terlalu keruh. Dan kalau anda menentukan budidaya ikan kakap di tambak tepi laut, pastikan deraian air tidak begitu deras alasannya yakni kalau air terlalu deras maka sanggup merusak tambak.

B. Pemberian Pakan Ikan Kakap

Karena ikan kakap yakni ikan karnivora, maka pakan alami ikan ini antara lain plankton, cumi – cumi, udang, dan ikan kecil lainnya. Dalam budidaya ikan kakap sanggup diberi pakan berupa ikan rucah ataupun ikan teri. Walaupun karnivora ikan kakap juga boleh diberi pakan berupa pelet. Tapi sebaiknya beri pakan alami saja daripada pakan berupa pelet alasannya yakni dengan pakan alami daging pada ikan kakap akan lebih nikmat kalau dimakan.

C. Reproduksi Ikan Kakap
Ikan kakap yakni sebuah ikan hermaphrodit (Berkelamin ganda) yang mempunyai kemampuan merubah jenis kelamin menurut beberapa faktor variabilitas. Pada fase awal pertumbuhan, ikan kakap yang berumur sekitar 1 sampai 2 tahun cenderung menumbuhkan testikel sehingga menjadi ikan jantan. Namun kalau ikan bermetamorfosis betina ketika telah mencapai umur 5-6 tahun. Masa reproduksi ikan kakap biasanya akan terjadi pada animo penghujan.Pada ketika pemijahan, untuk membedakan kelamin ikan atau membedakan antara jantan dan betina sanggup dilihat menurut ukurannya. Ikan kakap jantan biasanya mempunyai ukuran yang lebih kecil dan ramping dibandingkan dengan iakn kakap betina. Setelah matang gonad, ikan kakap akan sanggup dibuahi dan menghasilkan telur dan bibit baru.

D. Cara Pemanenan Ikan Kakap

ikan kakap siap untuk dipanen sesudah sekitar satu tahun pemeliharaan, ikan kakap yang sudah mencapai bobot sekitar 500 - 1000 gram. Jika ada ikan kakap yang mempunyai bobot melebihi 1 kg, sebaiknya ikan tersebut dijadikan ikan induk. Alat yang diharapkan untuk memanen ikan kakap yakni jala atau serokan. Ada 2 teknik yang sanggup dilakukan untuk memanen ikan kakap yaitu panen selektif dan panen total. Panen selektif yaitu menamen sebagian ikan saja sedangkan panen total yaitu memanen semua ikan kakap.



* Baca Juga : Jual Berbagai Jenis Karung Plastik, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Laminasi (Laminating), Karung Krem/Kuning, & Karung Bagor (Roll) 


Demikian Pembahasan Artikel Tentang " Cara Budidaya Ikan Kakap ". Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami. Semoga Bermanfaat...

Komentar