Pertanian & Perikanan - Cara Jitu Budidaya Kacang Ercis (Kacang Polong)

Syarat tumbuh tumbuhan kacang ercis

♦ Tanaman ercis sanggup tumbuh optimal di kawasan dataran tinggi. Ketinggian yang cocok ialah antara 900-1400 meter diatas permukaan maritim dengan curah hujan per tahunnya ialah 500 milimeter.

♦ Tanaman ercis tumbuh optimal pada kawasan yang mempunyai suhu udara 18-25 derajat Celsius.

♦ Tanah yang cocok untuk budidaya ercis yaitu tanah yang gembur, subur, banyak mengandung unsur organik serta mempunyai pH tanah antara 6-8.

♦ Tanaman ercis akan tumbuh optimal jikalau mendapat penyinaran matahari sepanjang hari.

Mempersiapkan benih kacang ercis.
Pilihlah benih yang berkualitas serta bebas dari hama penyakit. Benih kacang ercis sanggup dibeli di toko pertanian terdekat yang menjual benih tanaman. Benih yang bersertifikat merupakan benih yang berkualitas. Jika Anda ingin menciptakan benih sendiri, maka Anda harus mengambil biji polong kacang ercis yang sudah bau tanah yang berasal dari tumbuhan yang sehat.

*Baca Juga : Cara Jitu Budidaya Tanaman Temu lawak

Tanaman kacang ercis yang akan diambil polong nya harus benar-benar bau tanah serta berasal dari induk yang sehat serta tidak terjangkit oleh hama atau pun penyakit. Setelah mendapat biji polong, selanjutnya jemur biji di bawah sinar matahari hingga biji benar-benar kering. Untuk mengetahui mana benih yang berkualitas, maka rendam lah polong di dalam air. Benih yang berkualitas ditandai dengan benih tersebut karam serta benih yang terapung maka benih kurang bagus.

Pengolahan Lahan
Sebelum ditanam, sebaiknya lahan diolah terlebih dahulu. Cara mengolah lahan yaitu sebagai berikut. Tanah yang digunakan haruslah gembur. Jika belum gembur, maka gemburkan tanah dengan cara di cangkul. Setelah gembur, buatlah bendengan dengan ukuran tinggi 25 cm, panjang diadaptasi dengan lahan, serta lebarnya 75 cm. Buatlah paritan supaya air tidak tergenang. Taburkan pupuk dasar di atas bedengan. Pupuk dicampurkan dengan tanah. Diamkan selama tujuh hari. Setelah tujuh hari barulah bisa digunakan untuk menanam kacang ercis.

Penanaman
Setelah tanah telah kering serta bisa digunakan untuk menanam, selanjutnya tanamlah benih kacang ercis. Cara menanam benih Tanaman kacang ercis ialah dengan menciptakan lubang tanam dengan kedalaman 4 cm. Jarak lubang antar barisan ialah 45 cm serta jarak lubang antar tumbuhan ialah 10 cm. Isi  lubang tanam dengan tiga buah benih ercis. Kemudian tutup dengan memakai tanah tipis.

Pemeliharaan 
Pemeliharaan tumbuhan kacang ercis antara lain:

Penyulaman
Penyulaman dilakukan pada tumbuhan ercis yang tidak tumbuh tepat atau mati. Tanaman yang tumbuh tidak sempurna/mati segera diganti oleh bibit yang sehat yang merupakan bibit cadangan.

Penyiangan
Penyiangan sanggup dilakukan dengan mencabut tumbuhan pengganggu/gulma yang tumbuh di sekitar bedengan. Penyiangan dilakukan biar tumbuhan ercis sanggup tumbuh optimal tanpa adanya gangguan dari tumbuhan gulma.

Pengairan serta Penyiraman
Pengairan serta penyiraman dilakukan secara rutin pada pagi/sore hari ketika tumbuhan masih berada pada masa pertumbuhan awal. Penyiraman selanjutnya ditentukan oleh kondisi tanah serta iklim.

Pemupukan
Agar tumbuhan ercis bisa tumbuh dengan baik serta bisa berbuah dengan lebat, tumbuhan ercis perlu diberi pupuk. Pupuk untuk tumbuhan mangga berupa pupuk kandang/kompos, NPK, serta Urea. Dosis derma pupuk diadaptasi dengan tahap pertumbuhan tanaman.

*Baca Juga : Cara Sederhana Budidaya Tanaman Cincau Dengan Baik & Benar



Pemasangan ajir
Tanaman ercis merupakan tumbuhan yang merambat. Jadi, tumbuhan ercis memerlukan ajir sebagai tempat merambat. Ajir sanggup dipasang pada dikala panjang tumbuhan ercis mencapai 12 cm. Ajir yang digunakan bisa terbuat dari kepingan bambu dengan panjang sekitar 150 cm. Pemasangan ajir sanggup dilakukan dengan cara menancapkan kepingan bambu disamping tumbuhan ercis. Setiap satu tumbuhan dipasangi satu buah ajir.

Pengendalian Hama Penyakit Kacang ercis
Hama yang sering menyerang tumbuhan ercis biasanya ialah lalat ercis, ulat serta kutu. Sedangkan penyakit yang sering menyerang yaitu penyakit bercak daun, amis polong serta penyakit layu. Pengendalian hama sanggup dengan menyemprotkan insektisida sesuai takaran yang ditetapkan. Sedangkan untuk penyakit, sanggup dengan menyemprotkan fungisida sesuai takaran yang telah ditetapkan.

Panen Kacang ercis.
Panen ialah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para petani ercis. Karena di sinilah petani akan mengambil hasil dari budidaya tumbuhan ercis. Tanaman ercis sanggup dipanen pada dikala berumur 70-90 hari sesudah tanam.

Kami CV Lim Corporation menyediakan waring sayur berkualitas. Untuk isu harga Waring sayur ter update kami, silahkan klik DISINI. Info selengkapnya hubungi : 085233925564 – 081232584950 – 087702821277 (SMS/CALL/WA)

Komentar