Pertanian & Perikanan - Cara Simpel Menanam Labu



Labu ialah buah yang dihasilkan dari beraneka macam jenis anggota labu lainnya (Cucurbitaceae), terutama yang berdimensi cukup besar. Buah labu kuning mengandung serat yang anggun dan juga nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Buah yang mempunyai nama Latin Cucurbita Moschata atau juga biasa disebut dengan nama waluh ini mempunyai rasa yang cukup enak. 


  • Beberapa jenis yang menghasilkan buah yang biasa disebut labu adalah

* waluh : Cucurbita moschata, C. pepo, C. argyrosperma, C. maxima
*labu air Lagenaria siceraria
*beligo Benincasa hispida
*belonceng
*labu siam Sechium edule

^ Baca Juga : Cara Tepat & Mudah Budidaya Ikan Mujair

  • Syarat Pemilihan Lahan Budidaya Labu Kuning


Pohon atau tumbuhan labu kuning sanggup hidup dengan baik di wilayah yang berhawa panas maupun di wilayah yang berhawa dingin. Iklim kering yaitu iklim yang paling ideal utuk tumbuhan labu kuning akan tumbuh dengan baik di tanah yang subur atau gembur. Tetapi di atas tanah yang tandus, tumbuhan ini juga bisa tumbuh dengan cukup baik asalkan tanah diolah dengan pupuk secara benar.

1. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan yang harus dilakukan sebelum menanam labu kuning adalah, mencangkul atau membajak tanah terlebih dahulu biar tanah gembur. Kemudian kita harus mengatur keseimbangan unsur hara tanah dengan cara memupuk dan memperlihatkan dolomite secukupnya. Pola tanam yang dipakai untuk menanam labu kuning yaitu berbaris memanjang dan berjajar. Di tengah baris, kita buat susukan air yang pada dikala nantinya akan memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan tumbuhan akan air.

2. Cara menanam labu kuning 

Cara menanam labu kuning diawali dengan menyemaikan benih terlebih dahulu. Benih labu sanggup diambil dari biji buah labu yang telah tua. Sesudah itu biji dikeringkan dan disemaikan di daerah persemaian yang lembab. Sesudah biji-biji tersebut mulai tumbuh dan mempunyai beberapa helai daun, maka penanaman bibit siap dilakukan.



  • Cara Menanam Labu Kuning


Benih labu kuning kemudian dipindahkan ke tanah dan dimasukan ke dalam lubang-lubang tanam dengan jarak tanam yang baik yaitu sekitar 1 meter. Pemupukan lahan dan pembentukan lubang tanam sebaiknya dilakukan paling tidak 1 ahad sebelumnya. Dua bibit bisa dimasukan kedalam satu lubang tanam. Bibit bisa dikasih debu sekam secara teratur hingga mencapai tinggi 25 cm biar kondusif dari hama cacing atau bekicot. Pemupukan dan penyiraman juga harus tetap dilakukan hingga panen tiba. Penyiangan rumput sanggup dilakukan 2-3 kali yaitu pada dikala tumbuhan berumur 10 hari, 3 ahad dan 6 minggu.

3. Perawatan dan Pemupukan

Penyemprotan dilakukan 7-10 hari sekali dengan memakai POC NASA dan Hormonik.
Pestona disemprotkan setiap 2 ahad sekali untuk pencegahan hama penyakit tanaman.
Penyiraman dilakukan setiap 1-3 bulan sekali dengan memakai SUPERNASA dan POWER NUTRITION untuk menciptakan buah yang manis, bermutu, dan banyak. Pada dikala tumbuhan Labu Kuning dibiarkan tumbuh dan sudah berproduksi lewat dari 6 bulan, maka setiap 3 bulan sekali harus diberi pelengkap pupuk sangkar atau kompos sebanyak 5 kg.

4. Panen

Ketika labu kuning sudah berumur 50-60 hari dari penanam berarti labu sudah siap dipanen. Panen sanggup dilakukan terus-menerus dengan interval 2-3 kali per minggu. Buah labu yang sudah siap dipanen mempunyai warna kuning dengan tangkai buah yang telah mengering. Cara memanen labu dilakukan dengan memotong tangkainya memakai pisau.

Baca Juga : Cara Paling Jitu Meningkatkan Produktivitas Tanaman Padi

  •  Labu Juga Memiliki Banyak Manfaat Dan Khasiat yang Baik Untuk Kesehatan, Antara Lain : 

1. Menyehatkan mata : Kandungan vitamin A dalam buah labu sanggup menciptakan penglihatan Anda menjadi lebih tajam.
2. Anti radikal bebas : Vitamin C dalam buah ini akan membersihkan efel radikal bebas yang berbahaya.
3. Membuat infinit muda : Buah ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang anggun untuk kulit sehingga mencegah penuaan dini yang terlalu cepat.
4. Mencegah hipertensi : Buah ini bisa mengontrol tekanan darah Anda sehingga tetap seimbang dan tidak menjadikan hipertensi.
5. Obat sembelit : Sembelit yaitu penyakit yang menyerang pencernaan Anda. Dengan mengonsumsi buah ini dengan teratur, sembelit Anda akan berkurang dengan perlahan.
6. Membantu pertumbuhan tulang : Hal ini alasannya yaitu kandungan kalsium di dalamnya sanggup menciptakan tulang Anda sehat dan tumbuh dengan baik. Itulah kenapa buah ini bisa menjadi sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang pada anak.
7. Baik untuk gigi : Menyikat gigi saja tidak cukup kalau Anda masih mengonsumsi masakan yang tidak sehat. Buah ini akan menutrisi gigi Anda biar lebih besar lengan berkuasa dan sehat.
8. Mencegah kanker :Penyakit kanker muncul alasannya yaitu adanya sel yang rusak yang biasanya diakibatkan oleh dampak radikal bebas. Buah ini bisa menjaga ketahanan sel dalam badan sehingga tidak gampang rusak.
9. Anti inflamasi : Rasa nyeri yang anda rasakan di kepingan badan sanggup berkurang bila mengkonsumsi buah ini.
10. Mencegah stroke : Stroke yaitu penyakit yang sanggup diatasi oleh buah labu kuning. Jika Anda ingin terhindar & terbebas dari penyakit ini, cobalah untuk memakan buah labu ini dengan rutin.

Selain manfaat dan khasiat labu kuning untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

 Baik untuk penderita anemia
 Sumber energy
 Makanan pendamping ASI
 Menjaga sistem imun
 Mengobati penyakit cacingan


Demikian Pembahasan Artikel Tentang " Cara Mudah Menanam Labu ". Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami. Semoga Bermanfaat...

Komentar