Pertanian & Perikanan - Cara Menanam Pohon Kehidupan

Kelapa merupakan sejenis pohon palem yang tergolong tumbuhan berbiji satu (monokotil). Memiliki ciri pohon tidak bercabang, daun menyirip dan berakar serabut. Memiliki batang yang keras ibarat halnya pohon pinang namun diameter batang lebih besar ketimbang batang pinang. Sebatang pohon kelapa mempunyai banyak manfaat maka dari itu pohon ini mempunyai julukan sebagai " Pohon Kehidupan " sebab semua unsur pada pohon kelapa sanggup dipakai untuk keperluan insan mulai dari pucuk hingga akar sanggup dipergunakan untuk banyak sekali kebutuhan dan berikut manfaat pohon kelapa :

1. Daun Kelapa
Daun kelapa sanggup dijadikan banyak sekali macam benda. Semacam jadi bingkai lemari, hiasan janur, daerah buah, sapu lidi, sarang ketupat, tatakan, dan keranjang sampah. Sementara pucuk daunnya sanggup dibentuk makanan, ibarat asinan.
Kemudian manggar atau pangkal pelepahnya sanggup dimanfaatkan untuk menciptakan ragi dan gula. Sementara pelepah keringnya sanggup dibentuk kipas, sandal, tas tangan, dan topi.

2. Batang Kelapa
Batang kelapa bisa dijadikan untuk menciptakan perlengkapan rumah tangga. Misalnya meja, kursi, bingkai lukisan, dan lainnya. Selain itu, untuk menciptakan materi dasar pembangunan rumah, ibarat genteng, papan, dan sebagainya yakni manfaat dari batang kelapa.

3. Buah Kelapa
Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa, dan forum (bakal buah). Banyak dari belahan buah kelapa ini yang bisa dimanfaatkan. Contohnya daging buah, air kelapa, tempurung, dan sabut.

Sabut kelapa yang sudah dibuang gabusnya sanggup dipakai untuk pelapis bangku dan jok, serta pembuatan tali. Tempurung kelapa juga bisa dijadikan kancing, aksesoris kotak perihiasan, dll , tempurung ini juga sanggup dipakai untuk arang batok atau kayu bakar yang sanggup dipakai sebagai  arang aktif yang dibutuhkan oleh banyak sekali keperluan industri pengolahan.

Daging kelapa sanggup dijadikan apa saja, apalagi daging yang masih muda untuk adonan minuman atau bisa juga dijadikan makanan. seperti, kuliner ringan elok kelapa, manisan serutan kelapa, dan salad kelapa. Untuk daging kelapa yang renta sanggup diolah menjadi kelapa parut, santan, kopra (daging buah kelapa yang dikeringkan), dan minyak.

Tahukah kamu, air kelapa juga sanggup dimanfaatkan untuk pembuatan kecap. Dan juga dijadikan materi pembuatan sari kelapa atau biasa disebut nata de coco.

4. Akar Kelapa
Akar kelapa bermanfaat untuk kehidupan insan salah satu pola keuntungannya dari akar kelapa ialah sanggup dijadikan perabotan rumah tangga, untuk obat obatan (dalam ukuran atau takaran tertentu), dan zat pewarna.

Baca Juga : Cara Membuat Alat Pengumpul Air Dari Kabut Dengan Waring
  •  Syarat Tumbuh :
   - Tanah yang ideal untuk penanaman kelapa yakni tanah berpasir , tanah berliat, dan berabu gunung. Dengan mempunyai struktur serpihan sehingga perakaran sanggup berkembang dengan baik dan pH tanah 5,2 hingga 8
   - Produksi buah akan rendah apabila tumbuhan tidak terkena sinar matahari minimal 120 jam per bulan
   - Suhu yang paling cocok yakni 27ºC dengan variasi rata-rata 5-7 º C, apabila suhu kurang dari 20º C maka tumbuhan akan tumbuh tidak baik.
   - Curah hujan yang baik 1300-2300 mm/th. Jika terjadi kekeringan panjang akan mengakibatkan produksi berkurang 50% , sedangkan kelembapan tinggi mengakibatkan serangan penyakit jamur.
   - Angin yang terlalu kencang terkadang merugikan tumbuhan yang terlalu tinggi terutama varietas dalam.

  • Peremejaan ialah mengganti tumbuhan renta yang produksinya rendah dengan tumbuhan gres yang produksiny lebih tinggi dari tumbuhan sebelumnya. Kegiatan ekspansi ialah menanam tumbuhan kelapa di tampat gres yang lingkungannya sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan kelapa, sehingga produktivitas kelapa dalam sebesar 2,0 – 3,0 kopra atau kelapa bibit unggul 4,0 – 5,0 ton kopra per hekatar per tahun sanggup diperoleh.

* Peremajaan Kriteria
    - Umur tumbuhan kelapa lebih 50 tahun.
    - Tinggi batang kelapa lebih 15 mete
    - Buah kurang dan 3 butir per tahun atau 0,5 ton kopra per hektar per tahun

* Benih/Bibit
    - Benih unggul berawal dari Blok Penghasil Tinggi (BPT)
    - Benih disiapkan 10 – 12 bulan sebelum tanam
    - Umur bibit 8 – 10 bulan.
Pilih buah yang renta dan besar. Rendam atau taruh ditempat lembap selama 2 minggu. Setelah itu semaikan bibit di bedengan biar sistem perakarannya bisa cepat muncul. Lakukan penumpukan dengan tanah hingga 2/3 buah dan atur jarak antar bibit 25cm x 25 cm, bibit akan berkecambah sehabis 12-16 minggu. Apabila lebih dari 5 bulan tidak muncul kecambah maka bibit sudah tidak bisa digunakan/mati. Setelah umur 30 ahad bibit akan mempunyai daun 3 lembar, selanjutnya mulai lakukan pemupukan dengan POC.

  •  Pembuatan Lubang
    - Diantara barisan kelapa renta dipasang ajir untuk daerah pembuatan lobang tanam sesuai dengan jarak yang dipilih : 8,5 x 8,5 m atau 9 x 9 x 9 m segitiga.
    - Sebulan sebelum bibit ditanam, buatlah lobang terlebih dahulu dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm atau sesuaikan dengan berat ringannya tanah yang diolah, ukuran lobang lebih besar untuk tanah berat dan lebih kecil untuk tanah ringan.

  •  Penanaman
    - sebelum 2-4 ahad bibit ditanam, lobang diuruk dengan tanah yang telah dicampur dengan 20 kg pupuk sangkar dan pupuk lainnya sesuai dengan kebutuhan.
    -  Dibagian tengah lobang bibit ditanam dengan kedalaman sekitar 10 cm dari permukaan tanah.

Catatan :
   - Pemberian pupuk pertama sebaiknya pada awal animo hujan (September – Oktober) dan kedua di final animo hujan (Maret – April).
   - Siram SUPERNASA dengan takaran 1 sendok makan per 10 lt air per pohon setiap 3-6 bulan sekali.
   - Semprotkan HORMONIK 1-2 tutup per tangki setiap 2-4 ahad sekali + POC NASA 3 – 4 tutup.

Tambahan:
Pupuk organik POWER NUTRITION terbuat dari beraneka macam materi organik alami yang diproses secara khusus dengan kandungan unsur hara esensial yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan untuk meningkatkan produksi buah.
Cara pemakaiannya yaitu : campurkan 3 sendok makan POWER NUTRITION ke dalam air yang sudah dicampur dengan 1/2 tutup AERO 810 untuk membantu absorpsi nutrisi pada akar. Selanjutnya siramkan di sekeliling perakaran tanaman. Lakukan pemupukan ini setiap 3 bulan sekali untuk hasil optimal.

  •  Pemanenan
Kelapa akan berbuah pada umur 8-10 tahun dengan panjang umur antar 60-100 tahun. Apabila ingin memanen kelapa muda panenlah pada ketika umur buah 7-8 bulan sehabis berbunganya. Jika ingin memanen untuk santan atau kopra sebaiknya umur 12-14 bulan sehabis berbunga.

  • Pasca Panen :
Produksi buah kelapa renta belakangan ini mulai memusat pada pembuatan virgin coconut oil atau minyak kelapa murni yang bisa meningkatkan nilai jual dari produk kelapa, ataupun masih dalam bentuk nira ( legen ) untuk keperluan industri gula kelapa, nata de coco, asam cuka, produk minuman, substrat, serta alkohol yang juga bisa meningkatkan nilai jual dari produk kelapa.

* Gula kelapa :
kandungan sukrosa yang secara umum dikuasai di materi kimia non air mengakibatkan nira sebagai sumber gula yang sangat potensil.

* Nata de coco :
Nata de coco merupakan materi olahan dari nira kelapa dalam bentuk gel, bertekstur kenyal ibarat kolang kaling, yang proses fermentasinya dibantu oleh mikrorganisme Acetobacter xylium.

* Asam cuka :
Asam cuka dikenal sebagai pemberi rasa asam pada makanan, warna dan juga sebagai materi pengawet sebab membatasi pertumbuhan bakteri.

* Produk minuman:
Bisa dibentuk minuman sehat non alcohol maupun ber alkohol dalam kadar rendah  ataupun dalam kadar tinggi.

* Substrat :
Yaitu materi nutrient yang dipergunakan untuk menumbuhkan mikroba. Substrat ini sangat dibutuhkan bagi pekerjaan di lab bioteknologi.

Baca Juga : Teknik Praktis Merawat Kamboja



  •  Pemeliharaan
    -  Lakukan pengawasan dua bulan sekali pada gulma atau benalu tumbuhan yang kehdirannya tidak diinginkan, dengan tumbuhan muda 1,0 m di sekitar tumbuhan dan tumbuhan cukup umur selebar 2,0 m.
    - Pemupukan dilakukan dua kali setahun, pada awal dan final animo penghujan dengan takaran pupuk per pohon 0,5 – 0,7 kg ura, 0,1 – 0,4 kg TSP, dan 0,6 – 1,0 kg KCL setiap kali pemupukan.
    - Berikan pupuk dengan cara melingkari pohon kelapa dengan jarak 1,0 m dari pohon untuk tumbuhan kelapa muda dan 2,0 m untuk tumbuhan cukup umur ke dalam tanah sekitar 15 cm.
     Kumbang Oryctes rhinoceros dan cendawan Phytophthora palmivora merupakan penyakit umum dan hama yang mengakibatkan penyakit wangi pada tumbuhan pohon kelapa, penyakit wangi ini muncul melalui infis akar.

Demikian Pembahasan Artikel Tentang " Cara Menanam Pohon Kehidupan ". Terima kasih Telah Berkunjung Di Blog Kami. Semoga Bermanfaat:)…

Komentar