Pertanian & Perikanan - 5 Langkah Jitu Dalam Proses Budidaya Tanaman Buah Markisa


Buah Markisa merupakan jenis buah yang mempunyai rasa masam dan sedikit manis, buah ini mempunyai kulit halus dan hidupnya merambat menyerupai anggur. Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning  yang tumbuh di dataran rendah. Ada beberapa daerah yang menjadi sentral produksi markisa antara lain Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.

Banyak manfaat yang sanggup kita dapatkan dari buah markisa baik untuk lingkungan, pangan dan ekonomi keluarga. Kerimbunan daun dari tumbuhan markisa sanggup menciptakan teduh dan buahnya sanggup dimanfaatkan sebagai sumber pelengkap penghasilan bagi masyarakat, selain manfaat lain menyerupai sumber vitamin bagi keluarga dan meningkatkan konsumsi buah keluarga. Walaupun tumbuhan markisa bukan orisinil tumbuhan Indonesia dan ditemukan banyak di daerah subtropis, namun tumbuhan ini juga sanggup dikembangkan didataran rendah menyerupai Surabaya. Hal yang terpenting dalam budidaya tumbuhan markisa ialah penyiangan ketika tumbuhan akan berbuah, sebab dalam masa pembentukan buah, tumbuhan akan lebih membutuhkan air, penyiangan daun dilakukan untuk memperkecil kebutuhan air oleh daun. Budidaya markisa sanggup dilakukan di daerah tandus atau area yang kecil menyerupai halaman rumah, gang di kampung, jalan desa atau di pagar rumah. Tanaman ini membutuhkan penyangga untuk media merambat.

* Markisa dan manfaat untuk lingkungan

Markisa yang ditanam di daerah yang tandus ataupun terbatas sanggup membantu untuk meningkatkan produktivitas lahan di wilayah tersebut. Daun rimbunnya sanggup bermanfaat untuk membantu menurunkan suhu yang ada disekitarnya sehingga lebih teduh dan nyaman. Jika ditanam di sepanjang jalan kampung atau halaman, belum dewasa dan warga sanggup lebih nyaman berjalan dibawahnya sebab tidak terlalu panas mengingat suhu udara yang sangat menyengat ketika animo kemarau.

Selain itu, tumbuhan ini juga sanggup dipakai sebagai penambah estetika dikawasan tertentu menyerupai perumahan atau area parkir. Jika susun dengan apik, rambatan tumbuhan markisa sanggup menambah anggun daerah tersebut dengan hijaunya daun dan bunga serta buah markisa.

* Markisa dan kesehatan

Buah markisa banyak mengandung vitamin C yang diyakini sanggup membantu mencegah kanker, hipertensi, dan menurunkan kolesterol.

* Markisa dan sumber pangan

Konsumsi buah dalam sebuah keluarga di Indonesia masih sangat kecil. Sedangkan berdasarkan Food and Agriculture Organization (FAO) atau organisasi pangan PBB, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah 65,75 kg per tahun semoga tetap sehat. Pembudidayaan buah markisa ini diperlukan sanggup membantu meningkatkan jumlah konsumsi buah keluarga.

Baca Juga :
Inilah Cara Praktis & Lengkap Budidaya Tanaman Buah Srikaya
Inilah 8 Tahapan Yang Wajib Diketahui Dalam Budidaya Lidah Buaya
Kenali Macam Macam Hama & Penyakit Pada Tanaman Sebelum Membasmi
Manfaat & Cara Budidaya Terong Lalap


* Manfaat ekonomi
Manfaat lain yang sanggup diperoleh masyarakat dari tumbuhan buah markisa ialah penghasilan pelengkap untuk keluarga. Buah markisa sanggup dijual dalam bentuk segar atau hasil olahan buah markisa. Point pelengkap yang sanggup didapat dari buah markisa yaitu apabila buah markisa diolah menjadi produk olahan menyerupai yoghurt, selai, sari buah, es krim, permen, dodol atau bentuk lainnya untuk dijual.

Untuk anda yang tergiyur akan manfaat dari buah markisa dan ingin membudidayakan buah markisa sendiri namun tidak tahu caranya tak usah khawatir, karna berikut yaitu langkah jitu budidaya buah markisa :
  • Pembibitan
Pada umumnya budidaya markisa sanggup diperbanyak secara generatif memakai biji maupun vegetatif dengan memakai stek batang dan sambung pucuk. Namun, biasa para petani hanya akan mengulas teknik budidaya markisa dengan sambung pucuk saja. Selain mudah, teknik tersebut proses budidayanya lebih cepat. Perbanyakan dengan sambung pucuk, biasanya dilakukan dengan memanfaatkan dua jenis markisa. Markisa ungu dimanfaatkan sebagai batang atas sebab mempunyai batang kecil dan perakaran dangkal. Sedangkan batang bawah memakai markisa kuning sebab mempunyai batang yang cukup besar, tahan terhadap nematode dan penyakit layu fusarium.
  • Pengolahan Lahan
Markisa tumbuh subur pada tanah yang mempunyai materi organik tinggi, pH 6,5-7,5 drainase yang baik dan tanah yang gembur. Lakukan pengolahan tanah dengan cara membersihkan lahan terlebih dahulu, sehabis itu gemburkan tanah memakai cangkul. Buat lubang tanam dengan ukuran sekitar 50 x 50 x 50 cm, dengan jarak tanam 3 x 4 m hingga 4 x 5 m. Kemudian diamkan selama 2 minggu, untuk lahan siap ditanami.

  • Penanaman
Sebelum melaksanakan proses penanaman, media tanam harus dicampur dengan pupuk organik padat terlebih dahulu. Apabila sudah, barulah lakuan proses penanaman denga memakai bibit markisa yang sudah berumur 3 bulan. Saat tumbuhan berusia satu bulan, markisa mulai merambat sehingga perlu dibuatkan tiang rambatan atau penyangga. Ukuran penyangga biasanya setinggi 2-2,5 m setiap tanaman, kemudian buatkan lanjaran.

  • Pemeliharaan
Pemeliharaan yang harus dilakukan untu tumbuhan buah markisa antara lain pengairan, penyiangan, pemupukan dan pemangkasan. Pengairan harus dilakukan secara teratur untuk menjaga pembungaan dan pembuahan terus-menerus, semoga sanggup berbuah sepanjang tahun. Penyiangan dilakukan jikalau terdapat gulma pengganggu. Markisa perlu dipupuk dengan pupuk organik padat dan pupuk buatan semoga kualitasnya baik. Pupuk organik padat diaplikasikan pada ketika tanam, selanjutnya setiap 6 bulan sekali. Untuk pemupukan yang setiap 3 bulan sekali, dilakukan dengan dukungan urea 50 g/pohon, SP-36 100 g/pohon, KCL 100 g/pohon dan NPK 50 g/pohon. Pemangkasan untuk pertama kali sanggup dilakukan pada awal pertumbuhan, dengan cara memangkas cabang yang bukan termasuk cabang utama dengan tinggi 1 meter dari pangkal batang dan hanya menyisakan dua cabang utama yang akan dirambatkan. Untuk pemangkasan cabang harus dilakukan secara rutin, sebab buahnya akan dihasilkan dari cabang baru.

  • Pemanenan
Buah markisa sanggup dipanen sehabis tumbuhan markisa sudah berumur 5-6 bulan atau 85-95 hari sehabis bunga mekar. Warna buah berubah dari hijau menjadi kuning atau ungu. Jika dipencet akan terasa empuk. Markisa sanggup dipanen secara manual dengan tangan, atau biasanya buah yang matang akan terlepas sendirinya dari tangkai.

Lim Corporation menyediakan waring ikan maupun sayur.
Untuk isu pemesanan sanggup eksklusif Hub 0877-0282-1277 / 0852-3392-5564 Phone: 031-8830487
Untuk isu harga waring ikan maupun sayur silahkan klik DISINI

Komentar