Pertanian & Perikanan - Tips Dan Trik Dalam Budidaya Ikan Bawal Memakai Bak Terpal


      Banyak sistem yang sanggup kita lakukan untuk budidaya ikan bawal, salah satunya budidaya ikan bawal di kolam terpal. Indonesia selama ini dipicu dengan kenaikan sumber materi pangan yang sangat berakibat pada rakyat yang kekurangan tarif hidup.

      Banyaknya orang yang mulai berfikir untuk berdiri dan menciptakan lapangan kerja sendiri dengan memulai bisnis, budidaya ikan air tawar khususnya ikan bawal. Awalnya budidaya ikan bawal air tawar hanya sanggup dilakukan di tambak, kolam permanen atau kolam tanah.

      Pada zaman kini dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, budidaya ikan bawal lebih praktis dengan media kolam terpal, budidaya ikan bawal di kolam terpal yakni salah satu alternatif yang mengatakan akomodasi bagi kita untuk membudidayakan ikan bawal.

      Keuntungan yang sanggup kita temukan dengan tekhnik budidaya ikan bawal di kolam terpal antara lain, praktis dan murahnya modal untuk membangun kolam, tidak memerlukan banyak air untuk membudidayakan ikan bawal.

      Tapi kolam terpal juga memiliki kekurangan antara lain, plastik terpal yang kita pakai kadang mengalami kebocoran. Karenanya perlu kita waspadai adanya pembusukan dari sisa-sisa pakan atau kotoran ikan yang berada di dasar kolam. Berikut ini Cara Budidaya Ikan Bawal Mengaplikasikan Kolam Terpal :

1. Persiapan

      Pemilihan budidaya ikan bawal di kolam terpal memungkinkan persiapan sanggup dilaksanakan dengan cepat. Bahan dasar terpal dipilih alasannya ialah terpal tidak tembus air dan harganya tentu lebih murah daripada semen untuk menciptakan satu kolam. Kolam yang gres final kita buat tidak sanggup lantas kita manfaatkan melainkan kita harus mengkondisikan terpenting dulu.

      Sesudah kolam final dibuat, ganti air merupakan acara terpenting untuk menghilangkan kotoran atau virus yang menempel pada terpal, kemudian isi kembali dengan air yang cocok dengan kebutuhan budidaya dengan memakai ketinggian air minimal 50 cm.

      Kemudian kolam untuk budidaya ikan bawal ditutup dan didiamkan selama 2 - 3 hari yang bertujuan untuk menjaga kesterilitas kolam, sanggup juga dilaksanakan secara tradisional menyerupai memberi tumpukan daun pepaya, sanggup juga daun ketepeng yang didiamkan 5 - 7 hari pada kolam. alasannya ialah kandungan dari daun pepaya tersebut sanggup berfungsi sebagai antiseptik.
      Kolam terpal berbeda dengan situasi kolam permanen atau kolam tanah, dan pastinya memerlukan teknik tersendiri dalam hal pemeliharaan ikan bawal.

2. Pembibitan

      Kita sanggup membeli benih ikan bawal dari pasar, pembudidaya benih atau sanggup juga dari internet. Langkah permulaan pembenihan harus dilihat dengan baik biar menyebabkan panen ikan bawal yang memuaskan, minimal benih ikan bawal diberikan waktu 1 jam untuk penyesuaian pada habitat baru.

      Kemudian benih ikan bawal baru sanggup dipindahkan ke kolam terpal. Perlu dilihat bahwa penebaran benih ikan bawal ini dihitung sebanyak 100 - 150 ekor per meter persegi dengan kedalaman 30 - 40 cm. Perhatikan jumlah benih yang ditebar ke dalam kolam. Kolam terpal memang cocok untuk pembudidayaan di lahan yang kurang luas dan terbatas tetapi banyak sedikitnya ikan yang menempati kolam tersebut perlu diperhitungkan juga.

3. Pemeliharaan

      Kolam terpal tidak sama dengan kolam tanah atau kolam permanen maka dari itu, memerlukan teknik tersendiri dalam membudidayakan ikan bawal. Pertama pemilihan benih ikan bawal, pilihlah benih ikan bawal yang berukuran berkisar 5 - 8 cm atau 8 - 12 cm untuk dibesarkan di kolam terpal. Meskipun dalam perawatan ikan bawal tidak terlalu rewel dan ribet dalam membudidayakannya.

      Tetapi seharusnya benih ikan bawal ini tidak pribadi ditebar di kolam pembudidayaan. Benih bawal sebaiknya di karantina dalam kolam khusus dengan perlakuan tetrasikilin 25 ppm. Sebaiknya jangan pribadi memasukkan benih ikan bawal ke dalam kolam, dikala benih ikan masih dalam bungkus plastik. Masukkan semua plastik kedalam kolam, Saat ini bertujuan untuk menyamakan temperatur di plastik dengan temperatur yang ada di kolam.

      Sesudah terdapat gelembung dalam plastik, itu menunjukkan jikalau temperatur dalam air dan temperatur di kolam telah sama. Lalu masukkan air kolam bertahap ke dalam plastik, kemudian diamkan sebentar sekitar 1 jam, biar ikan menyesuaikan diri dengan air kolam yang telah dicampur tadi. Sesudah itu barulah benih ikan bawal sanggup dilepas ke kolam pembudidayaan.

      Meskipun itu, harus dilihat bahwa mengaplikasikan kolam terpal sanggup menghalangi sirkulasi air higienis dan oksigen dalam air. Minimal dalam membudidayakan ikan bawal dengan kolam terpal harus menyiapkan saringan yang berfungsi khusus untuk mengalirkan air higienis kedalam kolam. Saat ini harus selalu dilihat karena, jikalau tidak ikan sanggup mati kekurangan oksigen.

Baca Juga :


      Ikan bawal termasuk kategori ikan yang bergigi tajam artinya ikan ini termasuk ikan predator, disinyalir ikan ini sanggup menyerang ikan jenis lain. Oleh alasannya ialah itu harus diwaspadai kemungkinan ikan bawal saling menyerang sesama jenis. Perlu diketahui, bahwa gigi ikan bawal tidak sanggup merobek kolam terpal, dan jarang juga ikan ini menyerang sesamanya.

4. Pemberian Pakan

      Pakan yakni elemen terpenting dalam budidaya ikan bawal ini, alasannya ialah hampir 60% pengeluran tarif ada pada pakan daripada tarif operasionalnya. Ketika ikan bawal sedang beradaptasi, beri pakan ikan bawal setiap hari secara rutin dan teratur, Pemberian pakan dalam 1 hari paling tidak sekitar  3 - 5% dari berat badan benih ikan dan kandungan protein minimal 25%.

      Di ahad pertama benih ikan bawal diberi pakan pelet yang telah dihancurkan atau dilembutkan menjadi tepung 750 gram untuk 100.000 benih ikan bawal. Cara kedua jumlah masakan di tambah menjadi 1000 gram untuk 100.000 benih ikan bawal, dan untuk selanjutnya proteksi pakan ikan bawal dapat dikondisikan cocok dengan ukuran badan ikan bawal.

      Pemberian pakan 3 kali sehari biar ikan bawal lekas tumbuh besar, dengan sistem menyebar pakan keseluruh kolam, untuk meningkatkan potensi hidup ikan. Dapat dilakukan dengan cara proteksi vitamin menyerupai lipopolisakarida yang sanggup dicampur dengan pakan, selain itu kebersihan kolam juga harus dilakukan 20 hari sekali.

5. Pemanenan

      Pemanenan ikan bawal dapat dilaksanakan dikala ikan bawal telah berumur 4 - 5 bulan atau berat badan ikan bawal telah mencapai sekitar 300 - 500 gram. Sistem pemanenan dilakukan dengan cara menguras air dan menyisakan sedikit air dalam kolam, untuk menangkapnya sanggup memakai jaring yang berdiameter besar, pemanenan ikan bawal sama halnya dengan ikan lainnya sanggup dilakukan secara selektif ataupun secara total.

      Jumlah pemanenan lazimnya tergantung dengan tujuan panen tersebut, apakah untuk skala konsumsi atau untuk skala produksi, untuk penjualannya sanggup berhubungan dengan pihak resto, pabrik, pasar atau sanggup juga dijual secara online.



Lim Corportion Menjual Waring Sayur & Ikan. Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Waring Sayur Maupun Ikan
Phone: 031-8830487.
SMS/CALL/WA Kami Di : 0877 0282 1277 / 0852 3392 5564 / 0812 3258 4950.
Untuk isu harga waring sayur & ikan silahkan klik DISINI
@ULM

Komentar