Pertanian & Perikanan - Inilah Peluang Perjuangan Yang Menguntungkan Dari Budidaya Ikan Gabus

       Ikan gabus merupakan macam ikan air tawar, ikan ini memiliki sifat karakteristik sebagai ikan predator dengan memakan ikan yang lebih kecil, sebangsa serangga dan katak yang menjadi incaran makanannya. Ikan gabus akan lebih aktif pada malam hari. Habitat asli ikan gabus berada di sungai, danau, dan rawa-rawa, Kelebihan Istimewa jenis ikan ini ialah bisa bertahan di darat selama beberapa menit dan sanggup berjam-jam.

       Cocok dengan judul di atas, pada goresan pena kali ini kita akan bahas tentang cara budidaya ikan gabus atau lebih tepatnya Usaha Budidaya Ikan Gabus. Mengapa ikan gabus? ya.. sebab belakangan ini harga ikan gabus kian meningkat, hal itu sanggup menjadi kesempatan yang elok untuk mengawali usaha. Bagi Anda yang berharap mengawali usaha, jangan pernah ragu. Sebab keraguan sanggup mempengaruhi gagalnya perjuangan yang Anda jalani. Karenanya dari itu ingatlah kata-kata berikut "Jangan pernah aib dalam membangun sebuah perjuangan dari bawah, Berikanlah yang terbaik untuk para konsumen Anda, Keuntungan akan tiba dengan sendirinya". Pesanku dalam menjalani sebuah perjuangan merupakan "Jalani setiap harimu dengan semangat!!" apa saja yang terjadi tetaplah bersyukur kepada Allah swt. Untuk cara budidaya Ikan gabus, Anda sanggup simak langkah-langkah sebagai berikut :

Persiapan Perawatan Larva Ikan Gabus 


       Pertama-tama siapkan daerah untuk budidaya ikan gabus, boleh bak dari terpal atau bak tanah atau sanggup juga bak yang alasnya diplester. Kemudian siapkan induk ikan gabus jantan dan betina, pilih induk yang sehat, tak jamuran dan bebas dari penyakit. Sesudah telur dibuahi oleh sang induk jantan, langkah berikutnya merupakan penetasan telur yang sudah dibuahi tersebut. Ambil telur dengan sekup net secara pelan lalu pindahkan ke dalam aquarium. Berikutnya tunggu telur hingga menetas dalam bentuk larva.


 

       Sesudah telur ikan gabus menetas, jangan terburu-buru untuk memberi makan, biarkan larva tersebut selama 2 hari. Setelah 2 hari, silahkan Anda beri makan dengan Nauplii Artemia 3 kali sehari, ketika larva berusia 5 hari, larva ikan gabus diberikan kuliner pemanis menyerupai daphnia 3 kali sehari.

       Langkah berikutnya yaitu menyiapkan bak untuk memindahkan larva yang sudah siap disebar ke dalam kolam. Sebelum benih ikan gabus disebar, bak dikeringkan terlebih dahulu selama 1 ahad dan setelah itu bak diisi air. Berikutnya  benih ikan yang sudah berusia 2 ahad dimasukkan ke dalam bak tersebut. Benih jangan segera diberikan makan, biarkan dahulu selama 2 hari, setelah 2 hari barulah diberikan makan 2 kg tepung pelet.

Pemberian Pakan Panen 


       Dalam dukungan pakan wajib lebih memperhatikan gizi pakan, sebaiknya kuliner benih ikan gabus ini mengandung lemak 15%, protein 15% dan karbohidrat 10%. Untuk dukungan pakan juga sanggup ditambahkan anakan rayap, ikan teri dan sisa daging ampas dapur.

       Sortirlah ikan, sebab ukuran benih ikan gabus benar-benar mempengaruhi tumbuh kembang benih ikan gabus lainnya. Jangan hingga terlambat memberi makan ikan gabus, sebab ikan gabus mempunyai sifat sebagai predator dan memakan ikan yang lebih kecil (tak menutup kemungkinan, ikan gabus dapat memakan saudaranya sendiri/kanibal).

       Cara pemanenan ikan gabus dapat dikerjakan secara sedikit demi sedikit maupun segera semuanya (Itu terserah Anda). Sekiranya Anda budidaya ikan gabus dalam rentang waktu yang pendek, Anda sanggup segera memanen semuanya. Namun sekiranya Anda mewujudkan budidaya ikan gabus ini sebagai mata pencaharian utama, Anda sanggup memanennya secara sedikit demi sedikit (untuk memperbanyak anakan). Sekali lagi, itu terserah Anda.


Lim Corportion Menjual Waring Sayur & Ikan. Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Waring Sayur Maupun Ikan
Phone: 031-8830487.
SMS/CALL/WA Kami Di : 0877 0282 1277 / 0852 3392 5564 / 0812 3258 4950.
Untuk isu harga waring sayur & ikan silahkan klik DISINI


@ULM


Komentar