Pertanian & Perikanan - Kemuning, Bunga Seolah-Olah Melati Namun Bukan Melati


Bunga Kemuning
yaitu tumbuhan hias yang menghasilkan wewangian yang tajam terutama pada malam hari tepatnya mulai pukul 19.00. Bunga Kemuning atau nama ilmiahnya Murraya paniculata ibarat bunga melati yang tidak sekedar wangi.

Bunganya termasuk bunga tunggal atau beragam tandan semu, setiap tandan berjumlah 8 bunga. warnanya putih, wangi, keluar dari ujung ranting maupun sela-sela daun. Daun mahkota bunga berwarna putih. Buah kemuning mempunyai daging yang tidak banyak, daging ini  berbentuk bundar telur atau lonjong, mempunyai panjang sekitar 8 - 12 mm, dengan pangkal dan ujungnya lancip buah masih muda hijau sehabis renta merah mengilap dan berbiji dua.

Ciri Ciri Umum Bunga Kemuning


Bunganya berwarna putih dan berbau harum/wangi.
Sering dipakai dalam program perkawinan/dekorasi.
Kemuning mempunyai akar tunggang, berwarna kuning keputih-putihan.
Kemuning termasuk tumbuhan perdu, tingginya sekitar 3 - 7 meter. Batangnya berkayu cukup keras, berwarna kekuning-kuningan, beralur, tidak berduri. Kulit batang juga berwana ke-kuning-kuningan.
Kemuning mempunyai daun berbentuk majemuk, menyirip ganjil dengan anak daun yang berjumlah 3 - 9, letak berseling. Bentuk dari anak daunnya bertangkai, bentuk ibarat bundar telur sungsang atau disebut jorong, ujung dan pangkal runcing, tepi rata dan terkadang agak beringgit, panjang mencapai 2 - 7 cm, lebar dari 1 - 3 cm, permukaan licin, mengilap, berwarna wama hijau, jikalau diremas tidak berbau.

Baca Juga :
Bunga Kemuning sanggup kita jumpai tumbuh liar, tepi hutan, ada juga yang ditanam sebagai tumbuhan hias dan tumbuhan pagar. Kemuning sanggup ditemukan hingga ketinggian ± 400 m dpl.

Variasi morfologi besar sekali. Yang biasa ditanam untuk memagari pekarangan, biasanya jenis yang berdaun kecil dan lebat. Semak atau pohon kecil, bercabang banyak, tinggi 3 - 8 m, batangnya keras, beralur, tidak berduri. Daunnya majemuk, mempunyai sirip-sirip ganjil dengan anak daun sekitar 3 - 9, letaknya berseling.

Helaian anak daun bertangkai, bentuk bundar telur sungsang atau jorong, ujung dan pangkal runcing, tepi rata atau agak beringgit, panjang 2 - 7 cm, lebar 1 - 3 cm, permukaan licin, mengilap, wamanya hijau, jikalau diremas tidak berbau.

Bunga beragam berbentuk tandan, 1 - 8, berwarna putih, mempunyai amis yang harum, keluar  ujung ranting maupun dari sela sela daun. Buahnya berdaging, bundar telur atau bundar memanjang, panjang sekitar 8 - 12 mm, disaat sudah renta buahnya  berwarna merah mengilap dan di dikala masih muda buahnya berwarna hijau, terkadang berbiji 1 dan 2.

Kemuning mempunyai beberapa julukan nama, antara lain Kamuning dari Sunda, kemuning, kumuning dari Jawa.; Kajeni, kemuning, kemoning dari Bali, kamoneng dari Madura,; Kamuning dari Manado, Makasar, kamoni dari Bare, palopo dari Bugis.; Kamuni dari kawasan Bima. eseki, tanasa, kamone, kamoni dari Maluku.; Jiu li xiang, yueh chu dari negara China, Orange jessamine dari negara Inggris.

Mungkin sekian untuk artikel ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca :)

Plastik polybag yaitu wadah untuk media tanam atau pembibitan yang berbentuk kantong plastik berwarna hitam atau putih. Polybag ini sanggup diubahsuaikan ukuranya tergantung dari kebutuhan media tanam. Lim Corporation menyediakan polybag untuk pembibitan tanaman,ukuran custom (sesuai pesanan). Kami siap melayani pesanan polybag untuk kuantiti besar 10 ton ke atas, sanggup juga partai kecil minimal 300 kg per ukuran.
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya perihal prodak sanggup anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat eksklusif dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#PolybagTanaman #Koker #PlastikPembibitan #UkuranPolybag

Komentar