Pertanian & Perikanan - Mengapa Banya Orang Yang Gagal Dalam Budidaya Lele ?


     Banyak faktor yang mengakibatkan kegagalan budidaya lele, rata-rata para pemula kurang menguasai ilmu dasar berbudidaya ikan lele, Sebagian kurang teliti dalam menganalisa pasar, kurang memperhatikan biaya oprasional maupun, faktor iklim di kawasan mereka.

A.Kerugian Ternak Lele

     Salah satu faktor terbesar penyebab kegagalan budidaya lele yaitu kematian lele dalam jumlah besar dan masih banyak lagi hal yang dapan menggagalkan budidaya lele

1. Benih lele yang kurang baik. Benih lele yang kurang baik dalam segi daya tahan terhadap benalu maupun basil lain yang merupakan penyebab penyakit, sanggup jadi hal terburuk penyebab final hayat lele dalam jumlah besar. Untuk mencegah final hayat kita harus cermat dalam menentukan bibi benih lele yang akan kita rawat.

2. Di mangsa oleh binatang predator. Jika kita memakai kolam yang punya kedalaman rendah, binatang predator sanggup menjadi salah satu penyebab kurangnya lele dalam jumlah yang cukup besar di waktu masa panen.Kolam dalam tempat terbuka tanpa ada pagar pelindung menciptakan binatang predator menyerupai biawak, kucing, ular, ayam, maupun burung dengan gampang masuk, selain pagar hal penting lain yang sanggup di lakukan untuk mempersempit kemungkinan adanya binatang predator yaitu kebersihan di sekitar lingkungan kolam. Semak belukar di sekitar kolam sanggup menjadi tempat persembunyian binatang pemangsa, oleh alasannya yaitu itu kebersihan di lingkungan kolam juga harus kita perhatikan.

3. Suasana kolam yang tidak stabil. Maksud stabil yaitu dalam segi suhu, bahwasanya lele sangat cocok hidup di suhu kisaran 20-28 derajat Celcius, suhu yang sering berubah-ubah secara drastis akan mengakibatkan lele stres, kemudian berkurangnya nafsu makan yang akan mengakibatkan kematian, akan lebih baik bila anda memakai kolam terpal kemudian tutup kolam tersebut dengan materi menyerupai jaring rapat yang masih sanggup di tembus cahaya matahari, dengan demikian suhu di dalam kolam akan lebih terjaga kestabilan suhunya.

4. Suasana sekitar kolam yang bising. Keadaan sekitar kolam yang berisik dan rame juga sanggup mengakibatkan lele gampang stres, berkurangnya nafsu makan dan menjadikan kematian. Alangkah baiknya anda menciptakan kolam yang jaraknya agak jauh dari pemukiman warga, namun bila faktor lokasi yang tidak memungkinkan anda sanggup memagar keliling kolam biar bunyi bising sanggup di kurangi.

     Itu yaitu beberapa faktor teknis penyebab kegagalan bisnis budidaya lele, faktor-faktor diatas merupakan penyebab kebayakan kegagalan bisnis budidaya lele oleh pemula. Jika anda seorang pemula atau anda gres ingin memulai bisnis budidaya lele, anda sanggup gunakan beberapa hal diatas sebagai rujukan untuk memulai bisnis budidaya lele, tinggal anda lakukan observasi perihal hal di atas, kemudian cocokkan dengan lingkungan anda.
     Selain faktor teknis, ada bebarapa faktor non teknis yang juga menjadi penyebab kegagalan para pebisnis budidaya lele, faktor-faktor ini bukan hanya menjadi penyebab kegagalan para pemula, namun para petani yang sudah usang menggeluti bidang ini.

     Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah. Harga pakan utama yang sangat mahal dan tidak seimbang dengan harga jual lele, kemudian harga pakan yang terus naik di pasaran menjadi problem utama para pebisnis budidaya lele, ketidakseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan yang di sanggup mampu menjadi alasan para pebisnis budidaya lele gagal dalam budidaya lele.

    Mengapa hal tersebut terjadi. Terkadang para pebisnis kelas menengah ke bawah menentukan jalan simpel dengan memakai pelet sebagai pakan utama, tanpa mengurangi penggunaanya dengan menawarkan pakan alternatif sebagai sampingan. Hal menyerupai itu niscaya merugikan, walaupun hasil panen maksimal, bila harga jual tidak sesuai dengan pengluaran tetap saja itu merupakan cara yang salah.

    Jika anda ingin lebih mengirit biaya pakan, mulailah mencoba metode gres yaitu memakai sistem bioflok atau organik, budidaya lele dengan sistem bioflok dan budidaya lele dengan sistem organik telah banyak di praktekkan oleh negara-negara maju, dengan sistem tersebut, biaya pakan sanggup di ekonomis sampai 50%, alasannya yaitu dalam sistem tersebut, kolam akan di rekayasa menyerupai habitat orisinil lele, sehingga pakan alami lele akan tumbuh dan berada di dalam kolam. Jika tidak melaksanakan hal tersebut yang paling banyak dilakukan oleh peternak dalam menyediakan pakan alami yaitu dengan memproduksi maggot.

     Dalam memproduksi maggot sebagai pakan alami ikan, dan merubah maggot tersebut menjadi tepung dan pelet maggot sebagai pakan alternatif ikan. Setidaknya ada 3 tujuan dalam memproduksi maggot untuk keberhasilan budidaya ikan Anda

1. Anda memproduksi pakan alami maggot tinggi protein dengan biaya murah Rp3.000/kg

2. Tujuan anda memproduksi maggot yaitu untuk menyediakan pakan alami secara terus menerus berkelanjutan sepanjang tahun. Untuk menjamin tersedianya asupan nutrisi dan protein tinggi secara terus menerus bagi ikan

3. Memproduksi pakan alami maggot lalat hitam ini harus tanpa meninggalkan busuk biar acara produksi maggot untuk pakan ikan sanggup berlangsung dalam jangka panjang.

Sekian artikel dari kami , semoga isu ini bermanfaat bagi para pembaca :)

Lim Corportion Menjual Waring Sayur & Ikan. Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Waring Sayur Maupun Ikan.
Phone: 031-8830487.
SMS/CALL/WA Kami Di : 0877 0282 1277 / 0852 3392 5564 / 0812 3258 4950.

Untuk isu harga Waring Sayur dan Ikan silahkan klik DISINI


@MeF

Komentar