Pertanian & Perikanan - Terungkap !!! Cara Diam-Diam Budidaya Jahe Dalam Polybag


Cara budidaya jahe sanggup di lakukan dengan memakai media polybag. Hal ini bertujuan untuk menghemat lahan seta memaksimalkan hasil panen yang melimpah. Sebagaimana yang diketahui, jahe merupakan banyak flora yang ditanam karean khasiatnya yang sanggup dimanfaatkan dalam aneka macam hal diantaranya ialah sebagai rempah-rempah dan materi obat. Jahe termasuk sebagai tumbuhan herbal untuk mengobati asam lambung juga sebagai tumbuhan obat pembersih ginjal. Tanaman yang mempunyai nama latin Zingber Officinale ini merupakan jenis tumbuhan rimpang. Rimpang tumbuhan jahe ini berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Jahe memang mempunyai rasa pedas yang berasal dari senyawa keton berjulukan zingeron. Ciri-ciri lain tumbuhan ini mempunyai batang semu dengan ketinggian 30 sampai 100 cm. Selain itu daunnya menyirip sekitar 1 sampai 15 mm dengan mempunyai bulu-bulu halus.

Untuk membudidayakan jahe, tumbuhan ini tumbuh subur di ketinggian 0 sampai 1500 meter dpl. Dimana tumbuhan ini juga membutuhkan curah hujan hinggal 2500-300mm per tahun. Dengan kelembapan 80%. Nah yang pertanyaan apakah jahe ini sanggup di tanam di polybag? tentu saja jawabannya bisa. Pasalnya menanam jahe dengan memakai polybag ternyata mempunyai beberapa kelebihan. pertama, tumbuhan jahe dengan memakai polybag akan lebih gampang dalam hal pemeliharaan. Kedua, penggunaan lahan dan air yang lebih hemat dibandingkan menanam jahe di lahan biasa. Ketiga, hasil panen akan lebih banyak dibandingan cara tradisional.

Berikut ini ialah cara-cara menanam jahe di polybag :

A. Penyiapan Bibit

Cara menanam jahe di polybag sanggup memakai bibit jahe baik yang diambil dari kebun, atau rimpang jahe dari toko tumbuhan atau Anda pun sanggup memanfaatkan rimpang jahe yang biasa Anda beli di pasar / supermarket. Bibit jahe yang baik, sebaiknya diperoleh dari tumbuhan yang telah bau tanah /berumur 10 bulan ke atas atau rimpang jahe berukuran besar, cerah, sehat dan mulus.

1. Potong rimpang sampai seukuran jari dan rendam bibit cabai dalam larutan fungisida selama +/- 15 menit supaya bibit bebas jamur.
2. Semailah bibit jahe pada daerah yang lembap. Anda sanggup melaksanakan di kebun asalkan tidak terkena cahaya langsung. Atau Anda sanggup melaksanakan penyemaian di gudang. Gunakan jerami sebagai bantalan dan epilog bibit jahe. Bila jerami tidak tersedia, Anda sanggup memakai sekam.
3. Lakukan pemantauan bibit setiap hari, jikalau dirasa terlalu kering, Anda sanggup meneteskan air pada media tanam.
4. Penyemaian dilakukan selama 2 ahad atau tunas rimpang sudah tumbuh.

B.  Penyiapan Media Tanam

Media tanam yang sanggup dipakai untuk menanam jahe di polybag memang beraneka ragam, Anda sanggup memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

1. Siapkan pasir halus, tanah kebun, pupuk kompos dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:2:1:1.
2. Aduk merata kemudian biarkan selama 1-2 minggu, lakukan pengadukan jikalau diperlukan.

C.  Teknik Cara Menanam Jahe di Polybag

Berikut langkah-langkah cara menanam jahe di polybag:

    Siapkan polybag hitam atau karung dengan ukuran 60x60cm, pastikan terdapat lubang di bawah polybag untuk drainase.

1. Masukkan media tanam yang telah disiapkan ke dalam polybag.
2. Tancapkan 3-5 benih jahe ke dalamnya dengan mata tunas ke atas
3. Tutupi benih dengan media tanam dengan ketebalan sekitar 3-5 cm.
4. Tutupi dengan jerami / sekam bakar.
5. Letakkan polybag di daerah yang teduh / tidak terkena cahaya matahari langsung.

Baca Juga : 
  Kenali Macam Macam Hama & Penyakit Pada Tanaman Sebelum Membasmi  
  Teknik Sederhana Dalam Budidaya Daun Kucai
  Inilah Cara Praktis & Lengkap Budidaya Tanaman Buah Srikaya
  Rahasia Dalam Budidaya Terong Belanda
  Cara Praktis Dalam Budidaya Kelor 

D. Perawatan

Cara menanam jahe di polybag tidak membutuhkan perawatan khusus yang rumit.

1. Pada awal penanaman sampai umur 3 bulan perlu dilakukan penyiramaan setiap hari, pagi dan sore hari, terutama dikala ekspresi dominan kemarau.
2. Penyiangan / pencucian gulma dalam polybag dilakukan secara rutin sampai umur 4 bulan.
3. Pemupukan dilakukan dikala tumbuhan mencapai umur 2 bulan dengan takaran mengikuti takaran yang dianjurkan oleh pabrik pembuatnya. Untuk hasil terbaik, lakukan pemupukan sebanyak 3x sampai panen tiba.

E. Pemanenan

Pemanenan jahe sanggup dilakukan dikala umur mencapai 10 bulan, namun untuk mendapat rimpang yang besar sebaiknya Anda menunggu sampai berumur 1 tahun. Pemanenan jahe yang ditanam memakai polybag ini sangat mudah, Anda tinggal menyobek polybag kemudian ambil rimpang jahe, goyang-goyangkan, bersihkan / basuh dan keringkan di bawah sinar matahari untuk menghilangkan air yang menempel. Jahe pun siap untuk digunakan.

Demikian artikel wacana menanam jahe dalam polybag, semoga bermanfaat bagi kita semua :D Nantikan artikel kami selanjutnya di sini :D


Plastik polybag ialah wadah untuk media tanam atau pembibitan yang berbentuk kantong plastik berwarna hitam atau putih. Polybag ini sanggup diubahsuaikan ukuranya tergantung dari kebutuhan media tanam. Lim Corporation menyediakan polybag untuk pembibitan tanaman,ukuran custom (sesuai pesanan). Kami siap melayani pesanan polybag untuk kuantiti besar 10 ton ke atas, sanggup juga partai kecil minimal 300 kg per ukuran.
Info harga dan cara pemesanan silahkan Hub. 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 0812.3258.4950 | Phone/fax : 031-8830487.
Info selengkapnya wacana prodak sanggup anda lihat di www.agrobis99.com
Untuk chat pribadi dengan admin klik http://bit.ly/2BAgCJ3 atau  http://bit.ly2oaVZvq  atau  http://bit.ly/2BD3Fyr
#PolybagTanaman #Koker #PlastikPembibitan #UkuranPolybag

Komentar