Jual Waring Ikan - Nila Di Bak Kecil!!


Budidaya ikan nila di bak kecil membutuhkan kreativitas dalam penerapannya. Apabila hal itu sanggup dilakukan dengan baik, maka akan menjadi peluang bisnis yg cukup menjanjikan dan menguntungkan. Lantas, bagaimana cara memelihara ikan nila di bak kecil dengan hasil maksimal?

Ada langkah sederhana yg sanggup Anda lakukan. Berikut ini akan diulas secara singkat mengenai cara budidaya ikan nila di bak kecil dengan mekegunaankan terpal.
  1. Persiapan Kolam
Kolam dibentuk dengan kedalaman kira-kira 50—75 sentimeter supaya terseia ruang yg memadai buat ikan nila berkembang biak secara sempurna. Selanjutnya, Anda harus memadatkan dasar bak dan buat tanggul di pinggir bak yg dikuatkan dengan kerikil bata/batidako.

Beri kerikil bata pula pada dasar bak supaya dasar bak jadi keras dan rata. Seteah itu, diberi sekam secara merata kemudian terpal sanggup dipasang dengan segera untuk menghindari kehilangan air.

Pastikan terpal terikat dengan benar di pinggir-pinggir kolam. Disarankan untuk memberinya kerikil bata (batidako) di atas pinggiran terpal supaya terpal tidak praktis berubah bentuknya, alasannya hal itu sanggup mengakibatkan kebocoran air.

Saat semuanya sudah terpasang dengan baik, isi bak dengan air. Hal ini juga sekaligus untuk menyidik ada atau tidaknya kebocoran pada kolam. Kemuian, bak dikeringkan kembali untuk tahapan persiapan berikutnya.
  1. Pembibitan Atau Pembenihan
Benih ikan nila sanggup Anda beli di Dinas Perikanan setempat atau toko-toko benih ikan. Disarankan untuk membeli benih yg bagus, yakni mempunyai ukuran 5—10 sentimeter. Selain itu, pilihlah benih yg sehat dengan cara memperhatikan kelincahan mereka dikala bergerak.

Periksa sistem pengisian dan pembuangan air sehabis bak dikeringkan dan pinggiran kolamnya diperkuat. Sebelum diisi kembali dengan air, lapisan dasar bak ditaburi dengan kapur sebanyak 25 gram—1kg per meter persegi dan pupuk sangkar sebanyak ½ kg per meter persegi.

Sebelum bibit ikan nila ditebarkan air harus dibiarkan tergenang selama 5—7 hari sampai tumbuh plankton. Setelah itu, bibit ikan nila sanggup ditebarkan dengan kepadatan 5—10 ekor per meter persegi supaya bibit ikan nila sanggup tumbuh dengan sehat dan cepat.

Berikan pakan pelet ikan setiap hari dengan kandungan karbohidrat (70 persen), lemak (70 persen), protein 20—30 persen, dan dedaunan. Setelah berumur 6 bulan, ikan nila sanggup dipanen dengan berat berkisar 400—600 gram.

Sumber http://www.budidayaikan99.com/

Komentar