Jual Waring Ikan - Syarat Hidup Udang Lobster Sebelum Anda Membudidayakannya



Penting untuk mengetahui syarat hidup lobster sebelum membudidayakannya. Pasalnya, memelihara lobster perlu dibarengi dengan ilmu pengetahuan yg cukup biar proses budidaya sanggup berlangsung dengan lancar sesuai rencana.
Berikut ini beberapa syarat hidup lobster yg dilihat dari kualitas air yg mencakup 3 hal.
  1. Suhu air
Suhu yg terkendali menjadi salah satu syarat hidup lobster meskipun lobster mempunyai sifat toleran terhadap suhu di atas 35° C. Untuk pemeliharaan di tempat tropis, suhu yg ianjurkan antara 24—30° C. Sementara, untuk memperoleh tumbuh kembang optimum diharapkan suhu antara 25—29° C.
  1. pH dan kesadahan air
Syarat hidup lobster berikutnya yakni kadar pH dan kesadahan air yg terjaga. Untuk membudidayakan lobster, Anda disarankan menjaga pH pada angka 7—9. Hal ini berdasar pada penelitian yg membuktikan bahwa lobster hidup dengan baik di perairan tawar dengan pH tsb. Selain itu, jarang ditemui lobster yg hidup di perairan yg mempunyai pH di bawah angka 7.
Lobster memerlukan kesadahan air yg sedang sampai tinggi. Kesadahan pada tingkat tsb diteliti sanggup menjaga kandungan kalsium terlarut biar tetap tinggi. Dengan begitu sanggup menjamin pembentukan cangkang lobster sehabis terjadinya proses molting.
  1. Kualitas air lainnya
Kualitas air lainnya ini didasarkan dari banyak sekali laporan penelitian yg dilakukan di banyak sekali tempat tempat hidup lobster. Di Danau Klarifiet dan Sungai Ayamoro, Papua, kualitas airnya mempunyai kandungan oksigen terlarut antara 3—5 ppm dan karbondioksida antara 30—44 ppm. Sementara itu, pH air antara 6,7—7,8, suhu air 18—22° C, kesadahan air 82—112 ppm CaCO3 dan amonia yg terkandung kurang dari 1,2 ppm.
Lobster diteliti mempunyai kemampuan untuk mengakumulasikan merkuri (Hg) dalam tubuhnya sehingga binatang air tawar ini sering dijadikan indikator pencemaran lingkungan.


Selain itu, lobster juga sensitif terhadap pestisida, terutama golongan organoklorin, begitu pula terhadap residu-residu minyak. Dari sifat lobster tsb, Anda harus memerhatikan sumber air yg dipakai untuk membudidayakan lobster. Dengan kata lain, kebersihan air juga perlu diperhatikan untuk membudidayakan lobster.

Sumber http://www.budidayaikan99.com/

Komentar