Pertanian & Perikanan - Yuk!!! Budidaya Ikan Sidat, Manfaatnya Sangat Menjanjikan


Ikan Sidat ini memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah, misalnya sidat, ulinm oelus (Jawa), lumbon, mosa, larak, lobang, denong, mengaling, lara, gatedeng, luncah serta sigili. Dalam bahasa inggris, ikan sidat disebut dengan giant mottled eel. Jenis ikan yang memiliki badan menyerupai ular dengan lendir pada seluruh bab tubuhnya. Sidat termasuk dalam ordo Anguillidae dengan sekitar 21 spesies baik yang hidup di air maritim maupun di air tawar.

Ikan sidat ini memiliki rasa daging yang gurih dan lezat, jadi tak heran apabila Sidat merupakan salah satu komoditas andalan perikanan yang masih belum banyak dibudidayakan. Padahal undangan ekspor Sidat sangatlah tinggi mulai dari negara Jepang, Korea, Taiwan, Hongkong China hingga negara di Amerika serta Eropa. Sehingga ikan sidat sanggup menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Persiapan Kolam Terpal Untuk Budidaya

Kolam terpal untuk budidaya disediakan terlebih dulu. Ukuran bak terpal yang disiapkan yakni 2m x 7m x 0,7m. Karena habitat sidat di sungai, maka untuk menciptakan air mengalir dengan lancar dalam bak diberi pompa. Dalam budidaya ikan sidat di bak terpal, sebaiknya buat bak dengan kedalaman sekitar 40cm dengan menamahkan pompa udara yang memiliki 12 lubang.

Baca Juga :

Pakanan Untuk Budidaya Sidat

Pakan ikan sidat umumnya yakni Cacing tanah, Pelet berprotein lebih dari 40% baik yang karam maupun yang apung, Udang dan kepiting kecil yang masih hidup.

Tahap Pemanenan Ikan Sidat

Ikan sidat yang dibudidayakan di bak terpal memiliki masa panen yang cukup usang yakni sekitar 2 tahun apabila ikan sidat tersebut untuk diekspor ke Jepang. Sedangkan ikan sidat yang akan diperjual belikan di dalam negeri hanya memerlukan waktu sekitar 1 tahun hingga 1,5 tahun.

Jika Anda membutuhkan atau ingin memakai Waring Ikan untuk budidaya dan untuk pemanenan atau dipakai untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031-8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Catatan :
– Minimal order 5.000 lembar
– harga netto (tidak termasuk PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, sanggup berubah setiap waktu

Komentar