Pertanian & Perikanan - Cara Penanganan Pasa Panen Timun Dengan Waring Sayur Biar Tak Rugi

Distributor Waring Sayur & Waring Ikan - Lim Cooration

Timin, Mentimun atau yang lainnya sering kali disajikan dengan nama acar. Dikarenakan timun mempunyai kandungan air yang banyak menciptakan timun menyegarkan untuk dikonsumsi. Dapat juga dijadikan sebagai penetralisir rasa yang terlalu kuat. Dikutip dari idntimes.com dan catatandani88.blogspot.com, buah mentimun termasuk materi sayuran yang gampang amis dan rusak bila tak dijaga dengan baik.

Oleh alasannya itulah selepas panen diharapkan penanganan pasca panen yang memadai untuk mempertahankan kesegaran, mencegah kekusutan dan kerusakan. Setelah buah mentimun dipanen, buah segera dimasukkan ke dalam wadah yang strukturnya tidak keras, contohnya karung waring atau bias disebut waring sayur. Tahapan lengkap penanganan pasca panen selanjutnya mencakup acara :

BACA JUGA:
⧫ Pengumpulan Hasil

Hasil panen dari kebun pribadi dibawa ke daerah penampungan (pengumpulan) sementara, semisal ruang gudang atau daerah lain yang teduh tak terkena sinar sang surya (matahari).

 Penyortiran dan Klasifikasi

Buah yang kurang baik bentuknya bengkok, amis atau rusak harus dipisahkan dari buah yang baik serta bagus. Untuk sasarannya yakni pasar Swalayan, buah mentimun diklasifikasikan sesuai dengan kriteria mutu yang diminta konsumen pasar. Klasifikasi buah mentimun dibedakan tiga kelas, yaitu :

Kelas I: timun afkiran yang panjangnya melebihi dari 23 cm.
Kelas II: panjang 20-23 cm, diameter 2,0 cm, bentuk buah baik, lurus, dan mulus.
Kelas III: panjang 16-20 cm, diameter 1,5 cm, bentuk buah baik, bagus, lurus, serta mulus.

Berbeda untuk mentimun asinan, kriteria panjang buah tak menjadi patokan namun diameternya tak lebih dari  4 cm. Walaupun demikian, kriteria mutu buah mentimun berikut tak sama di setiap toko atau pasar, tergantung selera konsumen.


 Pencucian dan Penirisan

Buah mentimun yang telah diklasifikasikan harus cepat-cepat dicuci dalam air mengalir sampai menjadi bersih. Setelah pencucian, timun pribadi ditiriskan di wadah yang kering untuk menghilangkan air yang melekat pada timun.

 Pewadahan dan Pemasaran

Timun yang sudah higienis dan kering kemudian dimasukkan ke dalam wadah, menyerupai karung waring sayur, dus karton atau yang lainnya. Kami sarankan semoga anda menggunakan waring sayur, Kenapa? Sebab waring sayur mempunyai materi yang berpengaruh serta ini yang paling penting waring sayur mempunyai ukuran lobang yang sesuai untuk mengatur sirkulasi udara pada pecahan dalam waring semoga tidak terjadi pembusukan. Posisi timun harus ditata dengan baik secara bangkit atapun ditidurkan bersusun juga bisa. Buah mentimun yang sudah diwadahi atau packing siap diangkut dan dipasarkan.

Jual Waring Sayur Murah
* Info selengkapnya mengenai harga Waring Sayur murah klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Waring ikan atau Waring sayur untuk peking sayuran dan untuk jaring kolam ikan atau untuk dipakai lainnya dengan harga yang terjangkau dan pastinya materi yang abadi silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup)

Customer Service:
Telp: 031 - 8830487 (Jam Kerja Kami 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email: limcorporation2009@gmail.com
Atau chat pribadi dengan admin klik salah satu tautan berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

CATATAN:
- Minimal order 5000 lembar
- Harga Franco Surabaya
- Harga netto (tidak termasuk PPN)
- Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu

Komentar